IHSG Selasa Berpotensi Rebound, Deretan Saham Ini Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 2,93 poin atau 0,04 persen ke 6.891,45 pada akhir perdagangan Senin kemarin. Analis memprediksi, untuk perdagangan hari ini Selasa 10 Oktober, IHSG punya peluang rebound.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, kenaikan IHSG pada Senin ditopang oleh realisasi data Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia yang ada di level 121,7 di September 2023. Meski turun dari posisi Agustus 2023 yang ada di level 125,2, namun rata-rata IKK masih berada di 124,5 sepanjang Januari hingga September 2023.

“Kondisi ini menunjukan bahwa konsumsi domestik masih relatif kuat dan berpotensi menopang laju pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun ini,” jelas riset Phintraco Sekuritas.

Pelemahan rupiah menjadi sentimen yang membayangi pergerakan IHSG pada Senin. Dari eksternal, peningkatan tensi geopolitik di Timur Tengah memperkuat kecenderungan wait and see dari pelaku pasar global.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan untuk mewaspadai saham-saham yang sensitif terhadap pelemahan nilai tukar, seperti perbankan dan kesehatan. Di sisi lain, konflik tersebut berpotensi mendorong kenaikan harga komoditas dalam jangka pendek.

IHSG akan berpeluang melanjutkan rebound ke kisaran 6.850- 6.950 pada Selasa ini. Stochastic RSI dan MACD berpotensi membentuk golden cross memperkuat potensi rebound lanjutan tersebut.

Adapun saham-saham yang direkomendasikan antara lain, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO), PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA). Lalu pada saham, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), PT Surya Esa Perkasa Tbk (ESSA), dan PT Astrindo Nusantara Infrastruktur Tbk (BIPI).