Sido Muncul Raih Penghargaan Subroto dari Kementerian ESDM
Tangkap layar YouTube Kementerian ESDM saat penyerahan penghargaan kepada Sido Muncul di ajang Subroto Award.

Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) meraih Penghargaan Subroto dari Kementerian ESDM, Kategori Industri Manufaktur Besar, pada Jumat 29 September 2023. Sido Muncul dinilai mampu melakukan efisiensi dan peduli terhadap sektor energi dan sumber daya alam.

Penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM kepada stakeholder yang memiliki prestasi luar biasa dalam memajukan sektor ESDM. Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengaku bangga dan senang atas apresiasi dari Kementerian ESDM berupa penghargaan tertinggi dalam sektor Industri Manufaktur Besar.

"Saya juga sangat apresiasi atas kerja dari tim kami yang ada di lingkungan hidup. Apa yang kita lakukan selama ini mendapatkan apresiasi dari Kementerian ESDM," ujar Irwan.

Irwan mengatakan penghargaan Subroto yang diraih Sido Muncul merupakan bentuk penghargaan pemerintah atas kerja keras selama ini.

"Kami mendapat penghargaan Subroto karena selama ini kami serius dan berkonsentrasi dalam mengelola energi dan sumber daya," tuturnya.

Irwan menambahkan, penghargaan Subroto yang diraihnya karena Sido Muncul dinilai turut mempersiapkan masa depan Indonesia.

"Selama ini kita turut membantu bagaimana masa depan Indonesia dengan efisiensi energi, nggak pernah buang sampah, kita gunakan listrik yang bayarnya paling mahal, kita juga pakai solar sel. Pokoknya kita sadar masa depan itu energi, siapa yang boros nanti akan merasakan akibatnya," tutur Irwan.

Irwan menuturkan, kesuksesan Sido Muncul dalam meraih pencapaian tersebut tidak terlepas dari berbagai inovasi dan komitmen perusahaan untuk memberikan perhatian terhadap kelestarian lingkungan.

Dia menuturkan dalam aktivitas usahanya, Sido Muncul tak hanya memperhatikan aspek keuntungan saja, namun emisi dari proses produksi, pengelolaan limbah, kelestarian lingkungan juga mendapatkan perhatian serius.

"Bahkan sumber daya alam ini sudah menjadi konsen terhadap sumber daya alam. Kita tidak hanya memproduksi namun juga memperhatikan emisi, pengelolaan limbahnya gimana, dan pengelolaan lingkungannya seperti apa," tutur Irwan.

Selama proses produksi, Sido Muncul selalu melakukan efisiensi mulai dari penggunaan air, listrik, hingga bahan bakar. Bahkan bukan hanya aspek ekonomi yang didapatkan, namun juga memberikan efek positif terhadap lingkungan.

Sedangkan untuk pengelolaan limbah, pihaknya memanfaatkan limbah padat sebagai salah satu sumber energi untuk menunjang kegiatan produksi.