Sido Muncul Dapat Penghargaan dari Kementerian Perindustrian
Foto: Dok. Sido Muncul

Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dalam "Resilience and Sustainable Industry". Penghargaan tersebut didapatkan Sido Muncul untuk kategori Environmental, Social, and Governance (ESG) Perusahaan Luar Kawasan Industri.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, apresiasi tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada stakeholders atas kepatuhan penerapan kebijakan bidang ketahanan dan iklim usaha industri serta bidang perwilayahan industri.

Menperin berharap agar para penerima penghargaan dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak. Dengan demikian, mereka akan lebih aktif dalam menerapkan kebijakan ketahanan dan menciptakan iklim usaha industri yang bertanggung jawab terhadap masyarakat luas.

"Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas kontribusi luar biasa para pelaku industri yang telah berdedikasi untuk membangun fondasi industri nasional yang kuat dan berkelanjutan. Semoga keberhasilan mereka dapat menjadi pendorong bagi yang lain untuk mengikuti jejak yang positif," kata Agus, Senin 11 Desember lalu usai memberikan penghargaan.

Corporate Secretary PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk Tiur Simamora menyampaikan rasa syukur bisa meraih pengharagaan ini.

"Sido Muncul bersyukur karena penghargaan 1 dan 2 itu perusahaan persero, sementara kami swasta," kata Tiur.

Menurut Tiur, perusahaannya konsisten menerapkan unsur lingkungan, menerapkan ISO 500001 bidang manajemen industri, menggunakan renewable energy, solar panel, dan biomassa. Kemudian menggunakan listrik PLN dari non fosil meskipun tarifnya lebih mahal 3 persen.

"Kami juga menghitung penggunaan air, pengurangan emisi, sosialnya kami kan memperhatikan hak karyawan dan masyarakat sekitar kita," jelasnya.

Dalam bidang tata kelola juga terus meningkatkan agar minimal memenuhi kriteria Asean SG Scorecard. Faktor ESG ini sangat penting apalagi bagi Investoa secara global.

Dia berharap, Sido Muncul bisa meraih peringkat nomor 1 dalam kategori Environmental, Social, and Governance (ESG) Perusahaan Luar Kawasan Industri di tahun mendatang.

"Jadi, kami mesti lebih bekerja keras menunjukkan Sido Muncul itu memenuhi kriteria ESG yang terbaik," kata Tiur.

Adapun, penghargaan apresiasi "Resilience and Sustainable Industry" ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan lintas sektor dari kalangan lembaga pemerintah, nonpemerintah, tenaga ahli, dan akademisi pada tahapan penjurian dan penetapan rekomendasi pemenang.