Bagikan:

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi menyelenggarakan The 1st OJK International Research Forum 2023 yang merupakan event perdana terkait dengan keterhubungan sektor finansial dalam upaya mendukung perekonomian hijau.

Kepala OJK Institute Agus Sugiarto mengatakan, forum ini didasari pada kesadaran bagaimana berkontribusi dalam menyelamatkan bumi.

“Kita di sektor keuangan bisa mendukung dalam hal mengurangi emisi karbon dan membangun ekosistem kendaraan listrik. Perubahan iklim jelas menjadi tantangan global saat ini dan hal tersebut membutuhkan koordinasi seluruh pihak untuk upaya mitigasi,” ujarnya Senin, 25 September.

Menurut Agus, semua negara punya mandatori tersendiri untuk bisa mengupayakan net zero carbon. Disebutkan bahwa forum seperti ini menjadi wadah strategis untuk bisa memperluas pemahaman bagaimana mencapai tujuan pembangunan yang sesuai dengan prinsip lingkungan hidup.

“Kami berhadap diskusi dan penelitian di forum ini bisa berkontribusi bagi kita semua untuk membuat bumi tetap hijau dan biru selamanya,” tuturnya.

Sebagai informasi, pada 26 September besok OJK berencana meluncurkan bursa karbon di Indonesia sebagai bentuk memonetisasi potensi lingkungan hidup menjadi kegiatan ekonomi bernilai tambah.

Otoritas menyatakan peluncuran bursa karbon sebagai tonggak penting keberlanjutan lingkungan hidup yang sejalan dengan kegiatan ekonomi.

“OJK mendukung keberhasilan dan perdagangan lewat bursa karbon. Kita jaga sampai berhasil dan hasilnya kembali direinvestasikan kepada upaya pengurangan emisi secara resmi,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.