Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat mulai beroperasi sesuai jadwal.

"Kami terus bekerja optimal, mudah-mudahan (Bendungan beroperasi) sesuai dengan rencana," kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah di Gedung DPR RI Jakarta, dikutip Rabu, 13 September.

Zainal mengatakan, bahwa pembangunan Bendungan Sepaku Semoi hampir mendekati 100 persen.

"Penyelesaiannya, kan, sudah tinggal sedikit lagi," ujarnya.

Lebih lanjut, Zainal mengatakan bahwa jadwal peresmian Bendungan Sepaku Semoi akan menyesuaikan dengan jadwal kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun Bendungan Sepaku Semoi masuk dalam pekerjaan Batch 1, yang mana ini merupakan paket terkontrak sejak 2020-Maret 2023.

Bendungan ini secara struktur dan keseluruhan sudah selesai. Diharapkan, nantinya bisa impounding (pengisian air) pada September 2023 dan diresmikan sekitar Oktober-November.

Bendungan Sepaku Semoi sendiri dapat menyuplai kebutuhan air baku sebesar 2.500 liter per detik, dengan rincian sebanyak 2.000 liter per detik untuk IKN Nusantara dan sisanya 500 liter per detik untuk Balikpapan.