Mulai Dilakukan Pengisian Awal, Bendungan Sepaku Semoi Pasok Air Baku di IKN hingga 2030
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi melakukan pengisian awal (impounding) di Bendungan Sepaku Semoi. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Jokowi melakukan pengisian awal atau impounding di Bendungan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis, 21 September.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi berfungsi untuk penyediaan air baku di kawasan IKN dengan kapasitas sebesar 2.000 liter per detik dan untuk Balikpapan sebesar 500 liter per detik.

"Dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi, penyediaan air baku IKN masih cukup hingga 2030. Ke depan, kami juga akan tambah dengan membangun Bendungan Batu Lepek dan Bendungan Selamayu," kata Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Jumat, 22 September.

Sementara itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia menyebut, saat ini progres fisik pembangunan Bendungan Sepaku Semoi sudah mencapai 97 persen.

Bob menilai, pengisian awal sudah dapat dilakukan karena bendungan tersebut sudah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan.

"Memang masih tersisa 3 persen pekerjaan untuk finishing, namun sesuai rekomendasi dari Komisi Keamanan Bendungan (KKB), Bendungan Sepaku Semoi sudah dapat dilakukan pengisian awal atau impounding karena sudah memenuhi persyaratan," ujarnya.

Selain itu, Bendungan Sepaku Semoi diharapkan dapat selesai pada Desember 2023.