Bantah Ada Mafia di Lingkungan Kemendag, Wamendag Jerry Sambuaga: Perlindungan Konsumen Jadi Prioritas
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga. (Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga membantah adanya mafia di lingkungan Kementerian Perdagangan. Ia mengatakan bahwa pihaknya memprioritaskan perlindungan konsumen.

Lebih lanjut, Jerry mengatakan bahwa harga bahan pokok saat ini  masih stabil dan ketersediaannya juga aman.

“Enggak. Nggak ada mafia-mafia. Tadi sudah dijelaskan. Pokoknya kita yang penting semua prioritas perlindungan konsumen. Harga bagus stabil,” katanya ditemui di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, ditulis Rabu, 13 September.

Sebelumnya, dalam rapat Komisi VI DPR dengan Kementerian Perdagangan, Anggota Komisi VI DPR Darmadi Durianto sempat menanyakan soal mafia di lingkungan Kemendag.

“Betul enggak di Kemendag masih ada mafia pak? Pak Jerry nanti jawab, betul enggak sih masih ada mafia? Kalau masih ada mafia, kenapa enggak diberantas Pak Jerry?,” tanya Darmadi.

Darmadi mengungkapkan dirinya mendapat banyak cerita terkait dengan harga gula rafinasi, beras hingga bawang putih yang menjadi mahal.

Menurut Darmadi, persoalan mafia init terus bergulir dalam beberapa periode pemerintahan bahkan sampai di kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karena itu, Darmadi meminta Kemendag untuk tegas menepis isu ini.

“Saya yakin Kemendag bersih nih. Tapi untuk bersih kan Bapak yang harus ngomong. Pak Jerry nanti ngomong, sudah enggak ada (mafia) pak,” tuturnya.

Menurut Darmadi, memberantas keberadaan mafia di lingkup Kementerian Perdagangan sangat penting. Pasalnya, ulah mafia ini bisa membuat harga barang pokok menjadi mahal.

“Ini penting pak. Karena kalau enggak, barang sampai ke konsumen menjadi mahal. Mahal, bawang putih belum turun, masih Rp38.000, modal Rp16.000. Gimana  itu pak? Berapa untungnya? Kaya monopoli udah,” ucapnya.