IHSG Jumat Diselimuti Sentimen dari Dalam dan Luar Negeri, Ini Saham-saham yang Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup pada zona merah di perdagangan kemarin, Kamis 24 Agustus. IHSG turun 0,32 persen atau 22,01 poin ke 6.899,39 hingga akhir perdagangan.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, sentimen negatif eksternal diimbangi oleh keputusan BI untuk kembali mempertahankan suku bunga acuan di 5,75 persen.

Keputusan BI ini menunjukkan optimisme BI terhadap stabilitas keuangan Indonesia meski dibayangi kecenderungan kenaikan yield obligasi dalam beberapa pekan terakhir. Nilai tukar Rupiah juga cenderung menemukan ekuilibrium baru untuk saat ini di kisaran Rp15.300 per dolar AS.

"Kondisi di atas menahan laju penguatan harga saham bank, terutama bank-bank berkapitalisasi besar, sehingga IHSG cenderung bergerak sideways seperti di Kamis 24 Agustus," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Dari eksternal, pelaku pasar menantikan pidato Kepala The Fed, Jerome Powell dalam Jackson Hole Symposium pada 25 Agustus 2023 waktu setempat. Pasar mengharapkan petunjuk mengenai kebijakan The Fed di FOMC September 2023 dan tanggapan bank sentral terhadap penurunan peringkat utang oleh sejumlah lembaga pemeringkat.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham-saham yang dapat diperhatikan di akhir pekan ini, Jumat, meliputi ANTM, SMGR, INTP, TPIA, dan speculative buy pada KLBF dan WIRG.