BTN Jajaki Penawaran Mengakuisisi Bank Umum Syariah
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melakukan penjajakan dengan beberapa bank syariah yang ada dan terus berkomunikasi untuk mendapatkan penawaran terbaik guna mengakuisisi Bank Umum Syariah (BUS).

"Sudah ada beberapa bank yang sudah kami jajaki dan melakukan NDA, proses masih terus berlangsung. Kami berharap bisa mendapatkan kesepakatan terbaik untuk proses spin off BTN Syariah," kata Direktur Risk Management BTN Setiyo Wibowo dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Kamis 24 Agustus.

Setiyo menuturkan proses pemisahan atau spin off unit usaha syariahnya, BTN Syariah, untuk dijadikan BUS hingga saat ini terus berjalan dengan mengkaji opsi yang bisa dengan mudah dan cepat dilaksanakan. Proses akuisisi diharapkan bisa terlaksana akhir 2023 atau awal 2024.

Ada tiga opsi, yakni mendirikan perusahaan baru atau meminta lisensi baru untuk BUS, melakukan akuisisi BUS yang sudah ada untuk dijadikan cangkang BTN Syariah, sedang mengkaji secara mendalam kemungkinan yang paling efisien untuk akuisisi BUS.

"Kami serius ingin melakukan spin off BTN Syariah yang saat ini kinerjanya sangat bagus. Dengan spin off dan menjadi BUS, kami optimistis kinerja BTN Syariah akan semakin positif dan berkontribusi lebih besar bagi pembiayaan syariah khususnya pembiayaan rumah untuk masyarakat kecil," ujarnya.

Saat ini ada sekitar 12 BUS yang berdiri di Indonesia. Dari 12 BUS tersebut diantaranya Bank Mega Syariah, BCA Syariah, Bank Panin Dubai Syariah, Bank Net Syariah, Bank Muamalat, BTPN Syariah, Bank Victoria Syariah, BJB Syariah, Permata Bank Syariah, Bank NTB Syariah dan Bank Syariah Bukopin.