Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Indonesia mengajak perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations for Human Settlements Programme (UN–HABITAT) untuk berperan aktif dalam forum terbesar di bidang Sumber Daya Air (SDA), yaitu World Water Forum ke-10 di Bali, pada 2024 mendatang.

"Kami mengundang UN-Habitat untuk hadir dalam World Water Forum ke-10 di Bali untuk menyusun agenda dan membentuk working group, khususnya pada sub tema kedua, yakni water security," kata Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja melalui siaran persnya, dikutip Selasa, 22 Agustus.

Endra menambahkan, pihaknya berharap agar UN Habitat dapat menjadi salah satu anggota working group tersebut, serta dapat menjalin kerja sama spesifik dengan Indonesia dalam bidang air.

"Kami mengetahui bahwa UN Habitat memiliki network yang luas, di antaranya dalam payung Global Water Operators Network. Kami akan konkretkan kerja sama ini sebagai hasil dari 10th World Water Forum yang memberi keuntungan bagi Indonesia," ujar dia.

Dia mengatakan, pertemuan ini bertujuan menjajaki potensi dukungan atau keterlibatan UN-Habitat dalam World Water Forum ke-10 di Bali, karena isu air sangat berkaitan dengan sektor permukiman dan perumahan, khususnya penyediaan air bersih dan sanitasi.

"Dengan network yang luas, UN-Habitat dapat berperan nyata dalam World Water Forum ke-10 di Bali, serta memberikan hasil konkret seperti komitmen dan kerja sama antar negara dalam bentuk MoU atau joint cooperation dengan Pemerintah Indonesia," ucap Endra.

Pada kesempatan sama, Deputi Sarana Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Ervan Maksum mengatakan, masalah penyediaan air bersih masih menjadi tantangan besar bagi Pemerintah Indonesia.

"Wilayah Indonesia baru 19 persen terlayani oleh jaringan perpipaan air bersih. Dibutuhkan strategi dan mekanisme yang efektif dalam pengelolaan air bersih antara pemerintah dan swasta," tuturnya.

Sementara itu, Chief Urban Basic Services UN-Habitat Andre Dzikus menyambut baik undangan tersebut dengan mengucapkan selamat atas terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah World Water Forum ke-10 di Bali pada 2024.

"Perlu platform nasional bagi Indonesia dan juga platform kerja sama antara Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara, seperti Kamboja, Laos, Vietnam, dan lain-lain. Isu air sangat berkaitan dengan lima fokus agenda UN-Habitat saat ini, yaitu perumahan, perubahan iklim, pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (TPB/SDGs), penanganan bencana, dan pembiayaan," ungkapnya.