Promosikan World Water Forum di Bali, Menteri Basuki Sebut Air Jadi Prioritas Utama
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian PUPR mempromosikan gelaran World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali, yang akan digelar pada 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pembukaan pameran (mini exhibition) yang diselenggarakan di kantor pusat PBB atas kerja sama antara pemerintah Indonesia bersama World Water Council (WWC).

Kegiatan pameran tersebut diselenggarakan sebagai salah satu dari rangkaian acara UN 2023 Water Conference (Konferensi Air PBB 2023) di New York, Amerika Serikat.

Menteri Basuki mengatakan, WWF ke-10 di Bali merupakan konferensi internasional terbesar di bidang air. "Melalui forum ini, kami akan menjadikan air sebagai prioritas utama dan memastikan keberlanjutannya untuk generasi mendatang," kata Basuki dalam siaran persnya, dikutip Jumat, 24 Maret.

Dengan penyelenggaraan WWF ke-10, Basuki menyatakan, Pemerintah Indonesia berharap adanya kesinambungan dalam pembulatan hasil da percepatan pelaksanaan komitmen untuk aksi dari New York 2023 ke Bali 2024.

Diketahui, WWF ke-10 akan diselenggarakan pada 18-24 Mei 2024 di Bali. Diperkirakan, lebih dari 30.000 peserta akan hadir dan mengambil peran dalam perhelatan ini, termasuk para kepala negara dan menteri dari ratusan negara dan organisasi.

Basuki mengatakan, sekitar 250-300 sesi diskusi akan diselenggarakan atas dukungan mitra internasional pada acara tersebut.

"Pada kesempatan ini, saya ingin mengundang anda untuk berpartisipasi pada WWF ke-10 serta The 2nd Stakeholder Consultation Meeting yang akan diselenggarakan pada 18-19 September 2023 di Bali. Terima kasih telah datang dan mari bersama-sama menikmati pameran," tandasnya.

Sekadar diketahui, pameran terbagi menjadi empat bagian. Bagian pertama menjelaskan mengenai awal mula penyelenggaraan WWF pada 1997 oleh WWC. Kedua, tentang agenda WWF ke-10 di Bali, pada 2024. Ketiga, sekilas mengenai Bali sebagai lokasi penyelenggaraan forum, serta terakhir atau keempat mengenai dokumentasi Road to The 10th WWF 2024.