Kemenhub Usulkan Tarif LRT Jabodebek jadi Rp5.000 sampai September
LRT Jabodebek (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengusulkan diskon tarif di masa awal operasi LRT Jabodebek. Diskon yang diusulkan adalah Rp5.000 sampai bulan September mendatang.

Adapun transportasi massal ini rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beroperasi secara komersial pada 30 Agutus.

Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan bahwa pada tahap pertama diskon tarif yang diusulkan untuk semua lintas pelayanan sebesar Rp5.000. Dengan diskon ini, maka Public Service Obligation (PSO) yang diberikan pemerintah mencapai 78 persen.

Lebih lanjut, Risal mengatakan diskon tarif 78 persen ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 tahun.

“Berapa lama Indonesia merdeka, 78 persen promosinya. Apakah kita akan bulatkan Rp5.000. Jadi Rp5.000 kami menghitung 78 persen,” katanya dalam acara Forwahub, di Jakarta, Jumat, 18 Agustus.

“Tapi kalau dibuat rata-rata Rp5.000 maka bisa (PSO-nya) ke 85 persen,” sambungnya.

Kemudian, sambung Risal, untuk tahap kedua usulan promo berupa batas pengenaan tarif sebesar Rp20.000 untuk semua lintasan pelayana dari 1 sampai 31 Oktober 2023.

Meski begitu, Risal menekankan bahwa tarif ini masih basu sebatas usulan dari Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.

“Jangan lupa (masih sebatas) rencana, belum ada keputusan,” tuturnya.