Bagikan:

PADANG - Dalam rangka memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia, Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyalurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada pondok pesantren, masjid, dan musala yang ada di provinsi tersebut.

"Penyaluran PSBI ini juga bagian dari memperingati HUT ke-78 Republik Indonesia," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Christoveny di Padang, Kamis.

Penyaluran PSBI tersebut merupakan bentuk nyata dan kontribusi Bank Indonesia kepada masyarakat. Hal itu juga sejalan dengan visi Bank Indonesia yakni menjadi bank sentral digital terdepan yang berkontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia.

Christoveny menjelaskan PSBI yang diserahkan kepada pondok pesantren, masjid dan musala tersebut sekaligus dalam mendukung pengembangan ekonomi syariah yang lebih masif, dan luas di Provinsi Ranah Minang.

Melalui PSBI, Bank Indonesia berharap masjid maupun musala menjadi bagian dari agen sosialisasi terutama mengedukasi masyarakat tentang penerapan konsep ekonomi syariah.

Sementara, pondok pesantren diharapkan pula menjadi bagian dari pengendalian laju inflasi di Sumbar. Sebab, bantuan sosial yang diberikan Bank Indonesia itu lebih kepada sarana dan prasarana misalnya alat mesin pertanian.

"Untuk pondok pesantren lebih kepada sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan usaha produktif," ujar dia dilansir ANTARA, Kamis, 17 Agustus.

Bagi pondok pesantren yang menerima PSBI, instansi yang awalnya bernama De Javasche Bank N.V. pada masa pemerintahan Hindia Belanda itu, berharap agar lembaga pendidikan keagamaan bisa memenuhi kebutuhan pangan dasar.

"Kita berharap pondok pesantren bisa memproduksi pangan seperti daging, cabai merah dan bisa memberdayakan masyarakat sekitar," ujar dia.

Kemudian, khusus di Masjid Raya Sumbar saat ini juga sedang mengembangkan atau menjalankan proyek percontohan halal lifestyle. Dengan adanya bantuan PSBI diharapkan semakin memasifkan konsep ekonomi syariah.

Sementara itu, pengurus Masjid Raya Sumbar Dr Sobhan Lubis menyampaikan terima kasih atas bantuan Bank Indonesia melalui PSBI kepada masjid, musala dan pondok pesantren.

Sobhan Lubis berharap melalui bantuan Bank Indonesia tersebut dapat memperkuat pengembangan ekonomi syariah serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat.