Rayakan HUT ke-78 RI, Bank Indonesia Selenggarakan Festival Rupiah Berdaulat
Ilustrasi Bank Indonesia (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (Ferbi) 2023 sebagai persembahan HUT ke-78 RI pada 18-20 Agustus di Istora Senayan Jakarta.

Disebutkan bahwa agenda ini merupakan ajang edukasi uang rupiah secara luas.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan bahwa uang rupiah telah dinobatkan sebagai uang terbaik di dunia pada periode 2023.

“Hari ini adalah hari apresiasi bahwa rupiah berdaulat di NKRI. Mari apresiasi para pejuang, para senior kita," ujarnya dalam siaran pers hari ini, Jumat, 18 Agustus.

Perry menjelaskan bahwa festival yang diselenggarakan bank sentral terdiri dari berbagai kegiatan, seperti penukaran uang baru, pameran uang kuno, serta pentas hiburan.

Dia mengungkapkan, Bank Indonesia adalah lembaga pengedar uang resmi di Tanah Air.

Oleh karena itu, dia ingin memastikan bahwa uang rupiah sebagai satu-satunya alat transaksi yang sah di Indonesia.

Sebagai informasi, pada Ferbi 2023 masyarakat dapat mengenal alat pembayaran secara retrospektif melalui lebih dari 100 koleksi uang kuno yang dihadirkan Museum BI (MuBI).

Masyarakat juga dapat memaknai uang rupiah melalui dialog kebangsaan oleh keluarga pahlawan dan tokoh inspiratif, serta bincang milenial oleh seniman dan budayawan.

Sepanjang Ferbi terdapat ragam pameran diantaranya Rupiah Jendela Indonesia (segala sesuatu tentang Rupiah), Augmented Reality Rupiah (teknologi edukasi secara virtual) dan Hall of Fame Rupiah yang menceritakan perjalanan Rupiah secara sentimental.

“Ferbi 2023 terbuka untuk umum dan dapat dihadiri masyarakat tanpa dipungut biaya alias gratis,” tutup Gubernur BI Warjiyo.