Stok Bank Darah Serbia hanya Tersisa Satu Hari, KBRI Beograd Gelar Donor Darah di Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI
Upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di KBRI Beograd. (Sumber: KBRI Beograd)

Bagikan:

JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beograd, merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia dengan menggelar aksi kemanusiaan saat bank darah Serbia mengalami kekurangan cadangan darah.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023 di KBRI Beograd dipimpin langsung oleh Duta Besar RI Mochammad Chandra Widya Yudha, diikuti oleh WNI yang ada di negara itu, sementara pengibaran bendera dalam upacara peringatan dilakukan oleh anak-anak Indonesia di sana.

Usai upacara, KBRI Beograd menggelar rangkaian pesta rakyat, perlombaan olah raga, festival kuliner hingga pemberian penghargaan untuk peserta perayaan dengan pakaian nasional terbaik, untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI kali ini.

Selain kegiatan di atas, KBRI Beograd juga menggelar kegiatan kemanusiaan berupa donor darah yang diikuti WNI di Serbia.

KBRI Beograd mengatakan, ini merupakan bentuk kepedulian nyata masyarakat Indonesia di Serbia, memerhatikan persediaan darah di bank darah Serbia saat ini sedang menurun drastis.

"Pada 14 Agustus 2023, Institut Transfusi Darah Serbia menyampaikan bahwa stok darah di Serbia hanya cukup untuk cadangan satu hari saja," ujar Duta Besar RI di Beograd Mochammad Chandra Widya Yudha, dalam keterangan KBRI Beograd seperti dikutip 19 Agustus.

"Menyikapi hal ini, KBRI Beograd memfasilitasi kegiatan donor darah sebagai bentuk nyata dukungan kemanusiaan dalam semangat peringatan HUT RI, serta menggugah kesadaran berbagai pihak di Serbia untuk mendonorkan darahnya," sambungnya.

Diketahui, selain para WNI di Serbia, peringatan HUT kemerdekaan tahun ini juga dihadiri oleh para anggota asosiasi persahabatan Indonesia Serbia "Nusantara", anggota sanggar tari "Bidadari" dan friends of Indonesia lainnya di Serbia.