Bagikan:

JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Oslo memanfaatkan momen HUT ke-78 RI untuk mengingatkan warga negara Indonesia (WNI) di Norwegia mengenai pentingnya memilih dalam Pemilu 2024.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) sekaligus Kepala Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Oslo, Hendra Oktavianus, menjelaskan Indonesia saat ini sedang berada di persimpangan jalan menuju Indonesia Emas 2045, sebab itu WNI diminta agar tidak menyia-nyiakan kesempatan hak memilih dalam Pemilu 2024.

“Nasib bangsa akan ditentukan oleh tangan dan pilihan di Pemilu. Pilihlah pemimpin yang punya visi, bukan hanya mimpi,” kata Hendra, dikutip dari Antara, Kamis 17 Agustus.

Hendra juga mengingatkan untuk memilih pemimpin yang tidak hanya mempunyai ambisi, tapi memiliki hati untuk Indonesia.

Menurut Hendra, hal tersebut dikarenakan integritas demokrasi dan persatuan harus terus dipelihara serta dijaga.

Di sisi lain, kata Hendra, perayaan HUT RI menjadi pengingat bahwa kemerdekaan adalah awal perjuangan dan bukan akhir.

“Dalam perayaan HUT RI kita kembali diingatkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk terus memajukan bangsa. Dan menjadi tugas seluruh lapisan masyarakat untuk mengisi kemerdekaan kita,” kata Hendra.

Sementara itu, Hendra menjelaskan bahwa perayaan HUT RI di Oslo merupakan hal yang sangat ditunggu oleh masyarakat dan diaspora Indonesia di Norwegia.

“Melihat bentangan bendera merah putih di negara yang berjarak ribuan kilometer dari Nusantara dan diiringi lagu Indonesia Raya merupakan momentum yang menyentuh hati,” katanya.

Adapun pada upacara yang diselenggarakan mulai pukul 9 waktu setempat, ucap Hendra, dihadiri 100 WNI, diaspora Indonesia, dan Friends of Indonesia (FOI) yang memakai pakaian adat.

“KBRI Oslo bangga melihat antusiasme yang ditunjukkan oleh masyarakat dan diaspora Indonesia untuk upacara HUT RI, terlepas kegiatan ini diselenggarakan pada hari kerja, sehingga banyak yang meminta cuti atau dispensasi,” ujarnya.

Selain upacara, kata Hendra, KBRI Oslo alan menyelenggarakan festival atau Pasar Rakyat Indonesia pada tanggal 26 Agustus 2023 sebagai perayaan dan promosi budaya Indonesia, dan lomba-lomba tradisional HUT RI.