Wamendag: Tren Positif Ekonomi Perbesar Potensi Raih Indonesia Emas 2045
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga(Foto: Dok. Kemendag)

Bagikan:

JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan Indonesia Emas 2045 bukanlah cita-cita semata. Menurut dia, kondisi perekonomian Indonesia saat ini mendukung tercapainya hal tersebut.

“Misalnya dari capaian surplus perdagangan yang konsisten, serta tingkat inflasi yang juga selalu terjaga stabil,” ujarnya dalam siaran pers yang dikutip Minggu, 30 Juli.

Jerry menegaskan, perekonomian Indonesia saat ini ada dalam kondisi yang kondusif, terutama jika dipantau dari neraca perdagangan. Disebutkan bahwa gambaran besar perekonomian Indonesia yang mempertahankan tren positif dan bagaimana ekspor perdagangan memberi kontribusi signifikan pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Indonesia semakin berpotensi menjadi negara besar yang diperhitungkan di kancah regional ataupun global. Hal tersebut telah terbukti dengan kesuksesan Presidensi G20 Indonesia dan tahun ini kita juga mendapat mandat menjadi Ketua ASEAN," tuturnya.

Jerry juga mendorong mahasiswa berperan terhadap kemajuan ekonomi ini, salah satunya melalui dukungan terhadap produk lokal.

"Cara sederhana yang bisa anak muda lakukan adalah membeli dan memakai produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia," imbuhnya.

Lebih lanjut, Jerry memaparkan beberapa kebijakan dan program Kemendag yang fokus mempersiapkan dan melatih UMKM untuk kian mahir dalam mengembangkan bisnis bahkan untuk siap ekspor.

"Pemerintah terus berusaha memperbaiki 3K dalam konteks UMKM, yaitu, kuantitas atau kapasitas produksi, kualitas dari produk yang dihasilkan, dan kontinuitas yang dapat membuat pelaku usaha kerakyatan semakin berdaya saing," tutup dia.