Manfaatkan Penjualan Online, Pendapatan Bersih Mustika Ratu Capai Rp285,18 Miliar di 2022
Ilustrasi Rupiah (Foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) catat pendapatan bersih hingga Rp285,18 miliar pada tahun 2022. Hal ini dengan dorongan inovasi produk dan perhotelan, di tengah kondisi perekonomian dan tekanan inflasi masih mengancam dunia, termasuk Indonesia.

"Pada tahun 2022, inovasi produk menjadi salah satu fokus utama Mustika Ratu," ujar Direktur Mustika Ratu Kusuma Ida Anjani mengutip Antara.

Inovasi bisnis dan produk yang dilakukan emiten bersandi MRAT ini salah satunya dilakukan melalui penjualan daring, dimana salah satu produknya yakni Brightening Bengkoang Series dan Instabright Glow, yang mengalami pertumbuhan sebesar 162 persen dibandingkan tahun 2021.

Selain inovasi produk, ia menuturkan Perusahaan juga terus memperkuat distribusi dengan go-to-market strategy produk dalam kategori Holistic Beauty dan kategori Health and Wellness melalui semua saluran outlet yang relevan.

Langkah tersebut dilakukan mulai dari menangkap basis konsumen baru untuk produk-produk unggulan Perseroan melalui kampanye merek yang kreatif dan ditargetkan (targeted) dengan mengoptimalkan saluran digital dan selebriti.

Optimalisasi saluran penjualan juga dilakukan termasuk e-commerce, peritel modern (nasional dan lokal), omnichannel, dan perdagangan umum (general trade).

Kusuma menambahkan, MRAT turut memperluas jalur distribusi baik di pasar domestik maupun internasional, serta mengembangkan potensi bisnis lainnya, termasuk kerja sama yang lebih erat dengan grup ritel besar dan kemitraan bisnis ke bisnis (Business to Business/B2B) yang lebih agresif.

"Produk Mustika Ratu juga dapat dijumpai dan dinikmati di berbagai platform e-commerce dan omnichannel guna memberikan aksesibilitas yang lebih luas kepada pelanggan. Kerja sama ini ke depannya akan memungkinkan pelanggan untuk memilih cara yang paling nyaman untuk berbelanja dan berinteraksi dengan produk Mustika Ratu," jelasnya.

Sementara dalam melakukan ekspansi, ia menyebutkan Perusahaan menjalin kerja sama yang erat dengan Marriott International Group, sehingga MRAT dapat memasok produk kecantikan dan perawatan pribadi premium ke rantai bisnis perhotelan.