Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat bahwa berdasarkan pantauan, tiket Kereta Api Jarak Jauh yang telah terjual sebanyak 3.231.360 tiket. Adapun angka tersebut sudah melewati target.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung.

Joni mengungkapkan, untuk periode sebelum Lebaran di dominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta atau Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

“Untuk periode setelah Lebaran, didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah atau Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta atau Bandung),” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa, 2 Mei.

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan pra Lebaran yaitu 19 April 2023 (H-3) sebanyak 161.039 penumpang. Sedangkan pasca Lebaran yakni 25 April 2023 (H+2) sebanyak 201.890 penumpang.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tuturnya.

Joni mengatakan selama musim mudik Lebaran 2023, ada 10 stasiun keberangkatan dengan penumpang terbanyak yakni Pasar Senen; Gambir; Surabaya Pasar Turi; Surabaya Gubeng; Bandung; Solo Balapan; Malang; Semarang Tawang; Ketapang dan Medan.

Lebih lanjut, Joni juga mengatakan ada  10 stasiun kedatangan dengan penumpang terbanyak yakni Pasar Senen; Gambir; Surabaya Pasar Turi; Surabaya Gubeng; Bandung; Semarang Tawang; Malang; Solo Balapan; Ketapang dan Medan.

Sementara ada 10 relasi dengan penumpang terbanyak yakni Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi; Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen; Gambir-Bandung; Bandung-Gambir; Pasar Senen-Malang; Malang-Pasar Senen; Kiaracondong-Surabaya Gubeng; Surabaya Gubeng-Kiaracondong; Pasar Senen-Purwosari dan Sukabumi-Cipatat.

Di sisi lain, KAI juga mengimbau kepada seluruh pelanggan agar datang 1 jam sebelum keberangkatan kereta api, membawa bagasi sesuai dengan ketentuan.

“Serta menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan rutin mencuci tangan,” tutupnya.