Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Sudah Terjual 73 Persen
KAI (Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat tiket kereta api jarak jauh pada masa angkutan mudik Lebaran 2023 sudah terjual sebanyak 73 persen per hari ini.

VP Public Relations Joni Martinus mengatakan tiket yang sudah terjual untuk periode mudik Lebaran sebanyak 2.236.777 tiket atau 73 persen dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang disediakan yaitu 3.065.404 tiket

Meski begitu, Joni optimistis bahwa jumlah penjualan tiket akan bertambah mendekati Idulfitri 2023.

“Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia,” katanya dalam keterangan, Senin, 17 April.

Joni mengungkapkan, untuk periode sebelum Lebaran di dominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta atau Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

“Untuk periode setelah Lebaran, didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah atau Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta atau Bandung),” ujarnya.

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya tanggal 16 April 2023 sebanyak 98 persen; tanggal 15 dan 24 April 2023 sebanyak 97 persen; dan tanggal 25 April 2023 sebangak 94 persen.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” katanya.