Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat, tiket Kereta Api Jarak Jauh yang telah terjual sebanyak 3.141.653. Adapun angka tersebut sudah melewati target.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa jumlah penjualan tiket tersebut sudah mencapao 102 persen. Kata dia, 0,2 persen merupakan gambaran adanya penumpang dinamis.

Lebih lanjut, Joni menjelaskan penumpang dinamis yaitu penumpang yang turun di antara stasiun tujuan. Sebagai contoh KA Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Surabaya, dimana contoh penumpang dinamisnya adalah Jakarta-Cirebon, Cirebon-Semarang ataupun Semarang-Surabaya.

“Jumlah tersebut masih akan bertambah, karena penjualan masih terus berlangsung,” ujarnya di Jakarta, Minggu, 30 April.

Joni mengungkapkan, untuk periode sebelum Lebaran di dominasi oleh penumpang dari arah Barat (Jakarta atau Bandung) menuju arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur).

“Untuk periode setelah Lebaran, didominasi oleh penumpang dari arah Timur (Jawa Tengah atau Jawa Timur) menuju arah Barat (Jakarta atau Bandung),” ujarnya.

Sementara berdasarkan tanggal keberangkatan KA Jarak Jauh yang menjadi favorit dipesan di antaranya tanggal 18-20 April 2023 sebanyak 100 persen; tanggal 22-30 April sebanyak 100 persen; 16-21 April sebanyak 98 persen; tanggal 15 April 97 persen, dan 1 Mei sebanyak 100 persen.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tuturnya.

Joni mengatakan selama musim mudik Lebaran 2023, ada 10 stasiun keberangkatan dengan penumpang terbanyak yakni Pasar Senen; Gambir; Surabaya Pasarturi; Surabaya Gubeng; Bandung; Solo Balapan; Malang; Semarang Tawang; Ketapang dan Medan.

Ditambahkannya, terdapat 10 stasiun kedatangan dengan penumpang terbanyak yakni Pasar Senen; Gambir; Surabaya Pasarturi; Surabaya Gubeng; Bandung; Semarang Tawang; Malang; Solo Balapan; Ketapang dan Medan.

Sementara ada 10 relasi dengan penumpang terbanyak yakni Pasar Senen-Surabaya Pasarturi; Surabaya Pasarturi-Pasar Senen; Gambir-Bandung; Bandung-Gambir; Pasar Senen-Malang; Malang-Pasar Senen; Kiaracondong-Surabaya Gubeng; Surabaya Gubeng-Kiaracondong; Pasar Senen-Purwosari dan Sukabumi-Cipatat.

KAI juga mengimbau kepada seluruh pelanggan agar datang 1 jam sebelum keberangkatan kereta api, membawa bagasi sesuai dengan ketentuan.

“Serta menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan rutin mencuci tangan,” tutupnya.