JAKARTA - Smartfren terus meningkatkan kualitas jaringan di seluruh wilayah operasionalnya. Peningkatan kualitas tersebut antara lain dilakukan dengan perluasan coverage, implementasi Content Delivery Network (CDN), dan optimasi jaringan. Selain itu, ada pula produk baru yang dapat digunakan pelanggan mengoptimalkan pengalaman berinternet di jaringan Smartfren yang 100 persen 4G.
Perluasan coverage ini dilakukan di tingkat kabupaten dengan penambahan sejumlah BTS yang berfungsi memperkuat Adapun dari penambahan tersebut coverage dan kapasitas Smartfren secara nasional meningkat 12,3 persen. Sedangkan di setiap wilayah operasional Smartfren berhasil meningkatkan 3 persen di Sumatera Utara, 10 persen di Sumatera Selatan, 3 persen di Jabodetabek, 10 persen di Jawa Barat, 9 persen di Jawa Tengah, 4 persen di Jawa Timur dan 7 persen di Sulawesi serta Kalimantan.
Untuk menurunkan latency, yaitu tingkat respon jaringan yang sangat menentukan pengalaman pelanggan saat mengakses berbagai konten dan aplikasi menggunakan internet, Smarfren berinvestasi di core network dengan membangun CDN yang berfungsi sebagai cache.
Adapun CDN tersebut diletakkan di 7 kota di Indonesia yang menjadi titik perlintasan data dari berbagai wilayah, yaitu di Medan, Bandung, Tangerang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Makassar.
Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren mengatakan, inisiatif penguatan jaringan ini kami lakukan 100 persen untuk Indonesia dengan mempertimbangkan perilaku serta kebutuhan digital masyarakat. Lewat optimasi jaringan dan perluasan coverage ini akan semakin banyak masyarakat yang bisa menikmati jaringan internet Smartfren.
“Kemudian dengan dukungan CDN yang lebih mutakhir ini pelanggan bisa mendapatkan pengalaman latensi yang lebih baik dan andal,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamus 20 April.
Sedangkan dari sisi produk, Smartfren merilis kartu perdana Smartfren Kuota M dan Kuota L dengan keunggulan berupa promo Triple Bonus khusus pelanggan baru. Mulai dari Rp30.000-an, pelanggan sudah bisa mendapatkan kartu perdana Smartfren Kuota M yang disertai kuota utama 6 GB dan kuota aplikasi 5 GB. Tambah sedikit saja, mulai dari Rp50.000-an, pelanggan bisa menikmati kuota utama 12 GB dan kuota aplikasi 10 GB.
BACA JUGA:
Khusus pelanggan baru bisa mengklaim Triple Bonus paling besar hingga 22 GB per bulan selama setahun untuk Smartfren Kuota M; atau paling besar hingga 36 GB per bulan selama setahun untuk Smartfren Kuota L. Promo Triple Bonus ini terdiri dari Bonus kuota lokal sesuai dengan wilayah pembelian; Bonus kuota utama; serta Bonus kuota loyalty yang dapat diklaim melalui aplikasi MySmartfren atau USSI *123*789# dan didapatkan setiap bulan selama setahun. Buat menikmati Triple Bonus ini, pastikan pelanggan baru selalu mengisi ulang paket Smartfren Kuota setiap bulan.
Smartfren juga merilis paket data baru untuk seluruh pelanggan setia. Paket baru ini juga memiliki manfaat Triple Kuota yang melimpah untuk digunakan memenuhi berbagai kebutuhan digital. Mulai dari streaming, sampai berkreasi membuat karya digital jadi lebih mudah.
Adapun paket baru dengan Triple Kuota jumbo ini adalah, Smartfren Kuota 2L seharga Rp82.000 dengan total kuota hingga 65 GB; Smartfren Kuota 3L seharga Rp111.000 dengan total kuota hingga 100 GB; dan Smartfren Kuota 4L seharga Rp137.000 dengan total kuota 125 GB.
Semuanya mendapatkan Triple Kuota yang terdiri dari Kuota Utama; Kuota Aplikasi untuk mengakses aplikasi transportasi, pesan instan, belanja online dan pembayaran elektronik; serta Kuota Lokal yang besarnya menyesuaikan wilayah pembelian kartu perdana.