<i>Shopping Time Bestie</i>! Tren Belanja Naik Jelang Idulfitri
Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Bagikan:

JAKARTA – PT Bank Mandiri Tbk. mendapati bahwa terjadi peningkatan tren belanja menjelang perayaan Idulfitri 2023. Hal itu disampaikan oleh Head of Mandiri Institute Teguh Yudo Wicaksono.

Menurut dia, Mandiri Spending Index (MSI) dimana indeks nilai belanja di akhir Maret 2023 mencapai 136,4 atau menjadi yang tertinggi sejak awal tahun ini.

“Tren kenaikan belanja berlangsung sejak akhir Februari dan mengalami akselerasi seiring dimulainya bulan Ramadan di akhir Maret,” ujar dia dalam keterangan pers hari ini Rabu, 12 April.

Menurut Teguh, penghapusan pembatasan mobilitas masyarakat (PPKM) sejak awal 2023 mendorong meningkatnya aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas ekonomi.

“Namun demikian, secara umum tingkat belanja masyarakat di kuartal pertama masih relatif tertahan karena kenaikan laju inflasi awal tahun 2023. Di beberapa wilayah, MSI mencatat penurunan volume belanja,” tuturnya.

Teguh menjelaskan, seperti pola di tahun-tahun sebelumnya tingkat belanja meningkat sejak satu bulan menjelang Ramadan hingga periode mudik dan libur Lebaran.

Kata dia, menjelang Ramadan tahun ini tingkat belanja rata-rata tumbuh 4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

“Seiring dengan perkiraan aktivitas mudik akan lebih masif di tahun ini, belanja masyarakat diperkirakan meningkat signifikan menjelang lebaran,” tegasnya.

Teguh menambahkan, belanja-belanja di supermarket, restoran, department store, atau barang-barang terkait fesyen cenderung meningkat signifikan di sepanjang Maret.

Selain barang-barang konsumsi, belanja terkait mobilitas juga meningkat, baik dalam tren jangka pendek maupun jangka menengah. Belanja beberapa barang durable seperti perlengkapan rumah tangga dan barang-barang elektronik juga tercatat meningkat.

“Menjaga laju inflasi merupakan hal penting untuk menjaga momentum belanja dan daya beli masyarakat secara keseluruhan,” tutup dia.