Bagikan:

JAKARTA - PT Mineral Industri Indonesia (Persero) atau MIND ID secara resmi menjadi pemegang saham terbesar PT Vale Indonesia Tbk (INCO) setelah mencaplok 20 persen saham dari PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum.

Direktur Utama MIND ID, Hendi Prio Santoso dalam keterbukaan informasi di BEI mengatakan, sebelumnya MIND ID tidak memiliki saham di INCO sebelum transaksi.

Ia juga menjelaskan jika sebanyak 1,98 miliar saham INCO mewakili 20 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor di INCO. "Harga pembelian per saham adalah Rp6.404 per saham," ujarnya yang dikutip Sabtu 8 April.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 46 Tahun 2022 tentang Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia untuk Pendirian Perusahaan Perseroan (Persero) di Bidang Pertambangan, Pemerintah Republik Indonesia telah mendirikan Perusahaan Perseroan(Persero) PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID).

MIND ID bertujuan untuk memiliki fungsi sebagai holding strategis dari perusahaan di bidang usaha terkait pertambangan.

"Dengan demikian, saham INCO yang sebelumnya dimiliki oleh Inalum dialihkan ke MIND ID sebagai perusahaan holding baru dari perusahaan di industri pertambangan," kata Hendi.

Asal tahu saja, berdasarkan kepelilikan saham, INCO dimiliki 43,79 persen oleh Vale Canada Limited, 15,03 persen dimilikioleh Sumitomo Metal Mining Co., Ltd, ),54 persen oleh Vale Japan (Limited) dan 20.64 persen dimiliki oleh publik.