Bagikan:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan pelepasan divestasi saham PT Vale Indonesia ke Holding Industri BUMN Pertambangan MIND ID sudah diputuskan. Kata dia, saham Vale yang dialihkan sebesar 14 persen.

“Udah, udah diputuskan. Jadi yang dilepas oleh Vale adalah 14 persen, grup ya,” ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 10 November.

Sekadar informasi, saat ini saham Vale Indonesia dipegang oleh Vale Canada Limited sebesar 43,79 persen. Perusahaan tersebut juga menjadi pengendali. Kemudian, Sumitomo Metal Mining memiliki 15,03 persen. Sedangkan, Vale Japan Ltd memiliki saham 0,54 persen.

Sementara, sekitar 20 persen dipegang publik dengan dilepas di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan, MIND ID sendiri sudah memiliki 20 persen saham Vale Indonesia.

Dengan penambahan 14 persen saham dari divestasi tersebut, sambung Arifin, maka total saham Vale Indonesia yang dimiliki MIND ID menjadi sebesar 34 persen dan menjadi pemegang saham mayoritas Vale Indonesia.

“MIND ID jadi bisa 34 persen dan itu mayoritas daripada yang lain,” tuturnya.

Lebih lanjut, Arifin juga menjelaskan divestasi 14 persen saham Vale Indonesia ke MIND ID merupakan kesepakatan antara pemegang saham secara business to business (B2B).

“Itu lagi ngomong berdua (antara pemegang saham), yang penting harganya harus special price buat kita,” jelasnya.