Bagikan:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan pelepasan saham atau divestasi PT Vale Indonesia ke Holding Industri BUMN Pertambangan MIND ID disepakati sebesar 14 persen.

Terkait dengan harga saham yang dilepas tersebut, Arifin bilang, hal itu merupakan kesepakatan antara pemegang saham secara business to business (B2B). Saat ini masih dilakukan pembahasan untuk penetapan harga.

Meski begitu, Arifin pun meminta Vale memberikan harga 'spesial' kepada Holding Industri BUMN Pertambangan MIND ID.

“Itu lagi ngomong berdua (antara pemegang saham), yang penting harganya harus ada special price buat kita,” ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 10 November.

Sekadar informasi, saat ini saham Vale Indonesia dipegang oleh Vale Canada Limited sebesar 43,79 persen. Sementara, Sumitomo Metal Mining memiliki 15,03 persen. Lalu sekitar 20 persen dipegang publik denga terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan MIND ID sendiri sudah memiliki 20 persen saham Vale Indonesia.

Arifin mengatakan dengan penambahan 14 persen saham dari divestasi tersebut, total kepemilikan saham MIND ID sebesar 34 persen di Vale Indonesia. Porsi ini sekaligus membuat MIND ID menjadi pemegang saham mayoritas Vale Indonesia.

“MIND ID jadi bisa 34 persen dan itu mayoritas daripada yang lain,” kata Arifin.