Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan hari ini, Rabu 5 April, setelah kemarin naik tipis 6,00 poin atau 0,09 persen ke level 6.833,17.

Phintraco Sekuritas dalam risetnya mengatakan, terbentuknya lower shadow yang panjang di Selasa membuka peluang penguatan lanjutan.

IHSG diperkirakan konsolidasi dalam rentang 6.820-6.850 di Rabu dengan area support pada level 6.780 dan resistance pada level 6.850.

"Namun, mempertimbangkan stochastic RSI yang sudah di overbought area, penguatan berpotensi mulai terbatas," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Rebound lanjutan dari harga komoditas terutama minyak dan batu bara, mendorong penguatan lanjutan mayoritas saham minyak dan batubara di Selasa kemarin.

Kemudian, harga komoditas diperkirakan akan kembali melanjutkan penguatan di Rabu, menyusul keputusan OPEC untuk memangkas volume produksi minyak sebesar 1,16 juta barel per hari.

Dari dalam negeri, pelaku pasar cenderung wait and see karena kekhawatiran potensi kenaikan inflasi menjelang Hari Raya Idulfitri. Hal ini dipicu karena kenaikan harga minyak global saat ini, yang berpotensi membuat harga BBM kembali naik.

Sebagai informasi, Inflasi turun ke 4,97 persen YoY di Maret 2023 dari 5,47 persen YoY di Februari 2023. Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham PGAS, HRUM, BBRI, MIKA, KLBF dan BSSR untuk perdagangan hari ini.