Datangkan Mesin Baru, Chandra Asri Milik Konglomerat Prajogo Pangestu Sewa Pesawat Terbesar Antonov
Foto: Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - PT Chandra Asri Tbk (TPIA) disebutkan baru saja mendatangkan mesin baru dari Amerika Serikat untuk keperluan peningkatan produksi pabrik petrokimia.

Diketahui bahwa mesin itu diterbangkan langsung dari Houston, Amerika Serikat dan mendarat di Bandara Kertajati, Jawa Barat pada tengah pekan ini.

Satu hal yang spesial adalah pemilik TPIA, yaitu konglomerat Prajogo Pangestu, menyewa pesawat kargo terbesar dunia Antonov 124-100 untuk menggendong mesin tersebut. TPIA sendiri menggunakan jasa perantara perusahaan kargo internasional PT Kurhanz Indonesia.

“Bandara Kertajati mampu untuk menampung pesawat berbadan lebar, dan akan menjadi magnet ekonomi daerah," sebut akun media sosial resmi Bandara Kertajati, dikutip Jumat, 24 Maret.

Sebagai informasi, Antonov 124 merupakan salah satu dari dua pesawat kargo terbesar di dunia. Sementera, satu unit lainnya adalah Antonov 225 Mriya yang kabarnya telah hancur terkena dampak perang di Ukraina.

Secara umum, Antonov 124 di buat di Kiev, Ukraina dengan kemampuan terbang 15.700 km dan kapasitas angkut hingga 150 ton. Di dalam ruang kabin, terdapat struktur lapang 1.500 meter persegi dari luas permukaan.

Adapun, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) pada tahun lalu tercatat melakukan pemecahan saham (stock split) dengan rasio 1:4 dari Rp200 per saham menjadi Rp50 per saham.