Perusahaan Prajogo Pangestu yang Kini Jadi Orang Terkaya di Indonesia Nomor 1 Versi Forbes
Ilustrasi Prajogo Pangestu. (Instagram @forbesindonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Prajogo Pangestu masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Ia berada di urutan pertama, kemudian di susul oleh Low Tuck Kwong, pengusaha yang memiliki emiten batu bara PT Bayan Resources Tbk. (BYAN).

Perusahaan Prajogo Pangestu

Seperti diketahui, Prajogo Pangestu berada di posisi pertama dalam daftar orang kaya di Indonesia versi Forbes Real Time Billionaires. Berdasarkan data dari Forbes, Prajogo Pangestu yang merupakan bos Grup Barito Pacific itu tidak hanya menggeser posisi Low Tuck Kwong sebagai orang paling kaya, namun juga berhasil menggeser Robert Budi Hartono dan Michael Hartono yang dikenal sebagai Duo Hartono.

Merujuk pada data The Real-Time Billionaires List Forbes, pada tanggal 12 November jumlah kekayaan Prajogo Pangestu bersih mencapai 37,4 miliar dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp587 triliun (dengan kurs Rp15.716 per dollar Amerika Serikat.

Perlu diketahui bahwa di awal bulan Oktober 2023, nama Prajogo Pangestu masih ada di peringkat 4 sebagai orang paling kaya di Indonesia. Akan tetapi kekayaannya melesat di pertengahan bulan November 2023 hingga menempatkan namanya di urutan pertama.

Prajogo Pangestu tercatat memiliki beberapa bisnis dan perusahaan di berbagai bidang. Berikut ini daftar perusahaan Prajogo Pangestu dikuti dari berbagai sumber.

1. PT Barito Pacific Tbk (BRPT)

Prajogo Pangestu adalah pemilik perusahaan PT Barito Pacific Tbk yang bergerak di berbagai bidang mulai dari industri properti, perdagangan, energi baru terbarukan, kehutanan, perkebunan, pertambangan, transportasi, hingga aktivitas perusahaan holding.

Di perusahaan tersebut Prajogo jadi pemegang saham terbesar Barito Pacific yakni sebesar 66.736.062.073 atau 71,19 persen.

2. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri/TPIA)

Prajogo Pangestu juga menjadi pemegang saham PT Chandra Asri Petrochemical (Chandra Asri/TPIA). Perusahaan tersebut hasil merger antara perusahaan PT Tri Polyta Indonesia Tbk dan PT Chandra Asri. Chandra Asri sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang infrastruktur dan mengoperasikan pabrik petrokimia.

Saat ini Prajogo Pangestu memiliki saham di perusahaan tersebut sebesar 6.735.679.764 atau setara dengan 7,78 persen.

4. PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN)

PT Barito Renewables Energy Tbk berbasis di Indonesia yang jadi bagian dari perusahaan Barito Pacific. Barito Renewables bergerak pada energi baru terbarukan yang mendukung energi bersih dengan emisi lebih rendah. Barito Renewables sendiri menjadi perusahaan pemegang saham Star Energy Geothermal Group yang menjadi produsen listrik bertenaga panas bumi.

5. PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN)

Prajogo Pangestu juga menjadi salah satu pemegang saham Pertindo Jaya beremitem CUAN. Perusahaan ini fokus di bidang aktivitas perusahaan holding, jasa konsultasi manajemen, dan pertambangan batu bara lewat anak perusahaan mereka. Jumlah saham yang dimiliki Prajogo di PT Petrindo cukup besar yakni sebesar 9.564.182.700 atau setara dengan 85,07 persen.

Daftar Orang Kaya di Indonesia Versi Forbes Terbaru

Berikut ini 10 orang terkaya di Indonesia versi Forber terbaru pada 12 November 2023 lengkap dengan jumlah kekayaannya.

  1. Prajogo Pangestu dengan jumlah kekayaan US$37,4 miliar
  2. Low Tuck Kwong dengan jumlah kekayaan US$26,9 miliar
  3. Robert Budi Hartono dengan jumlah kekayaan US$24,4 miliar
  4. Michael Hartono dengan jumlah kekayaan US$23,4 miliar
  5. Sri Prakash Lohia dengan jumlah kekayaan US$8,4 miliar
  6. Chairul Tanjung dengan jumlah kekayaan US$5,6 miliar
  7. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono dengan jumlah kekayaan US$4,5 miliar
  8. Dewi Kam dengan jumlah kekayaan US$4,4 miliar
  9. Djoko Susanto dengan jumlah kekayaan US$4,3 miliar
  10. Tahir dan Keluarga dengan jumlah kekayaan US$4,3 miliar

Selain terkait perusahaan Prajogo Pangestu, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.