Bagikan:

JAKARTA - Ratusan massa dari aliansi penyelamat konstitusi menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 13 November.

"Estimasi massa kurang lebih ada 500 orang. Gabungan dari berbagai organisasi, relawan dan kelompok," kata salah satu korlap Aliansi Penyelamat Konstitusi, Lala saat dikonfirmasi VOI, Senin, 13 November.

Ratusan massa yang tergabung dari sejumlah aliansi tersebut membawa sejumlah tuntutan kepada KPU RI. Mereka menamai aksi berkabung untuk selamatkan konstitusi.

"Tuntutannya, proses pencalonan Prabowo-Gibran cacat formil, etika dan moral. Mendesak KPU untuk mendiskualifikasi bacawapres Gibran karena pencalonan Prabowo-Gibran bertentangan dengan UU Pemilu dan PKPU," ujarnya.

Adapun massa aksi dari aliansi penyelamat konstitusi akan mengenakan pakaian serba hitam dalam aksi berkabung di depan kantor KPU RI.

"Menuntut kepada KPU, Bawaslu, ASN dan aparat negara (TNI & Polri) agar bertindak NETRAL dalam Pemilu 2024," katanya.

"Mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memilih pemimpin yang melanggar konstitusi dengan sengaja merubah UU demi kekuasaan," imbuhnya.