Bagikan:

JAKARTA - Himpunan Bank Negara (Himbara) menyiapkan sejumlah skema menarik bagi nasabah yang hendak memiliki kendaraan listrik (EV).

Seperti diketahui, pemerintah mengumumkan akan memberikan bantuan sebesar Rp7 juta terhadap pembelian kendaraan listrik, pada tahun ini.

Dalam konferensi pers di Kantor Pusat PLN Himbara mengungkapkan akan memberikan sejumlah skema menarik seperti kredit yang ringandengan tenor 5 tahun.

"Kami menyiapkan skema yang menarik untuk mendukung peluncuran Electric Vehicle ini di mana kita akan sama ratenya, tenornya akan kita samakan (semua Himbara)," ujar SEVP Micro and Consumer Finance Bank Mandiri, Josephus Tripraksono, Jumat 10 Maret.

Ia menegaskan, tenor yang ditawarkan Himbara nantinya juga aka kompetitif dengan kredit motor konvensional berbahan bakar fosil.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia (BSI) Ngatari menyatakan BSI berkomitmen uktuk ikut serta dalam pengembangan EV melalui produk pembiayaan kendaraan secara syariah dengan mudah, cepat dan murah.

Sementara itu, Direktur BRI Finance Azizatun Azhimah yang mewakili BRI Grup juga menyampaikan dukungannya pada program percepatan akselerasi kendaraan listrik melalui B2B maupun b2C.

"Kami sudah ada beberapa produk kendaraan listrik yang sudah kami luncurkan sejak tahun lalu termasuk juga instansi yang butuh pembiayaan kendaraan listrik baik mobil maupun kendaraan roda dua. Kami siap mendukung," ujar Azizatun.

Pada Kesempatan yang sama, SVP Corporate Banking 2 BNI, Ditya Maharhani mengatakan, pihaknya menyiapkan pembiayaan khusus bagi nasabah maupun non-nasabah BNI dalam program kepemilikan Motlis.

Program-program tersebut berupa pemberian penawaran yang terbaik, dengan bunga kompetitif, serta kemudahan dan kecepatan proses.

"Tentunya kami menyambut baik kolaborasi PLN dan seluruh bank milik negara termasuk BNI. Kami akan terus menganalisa potensi penguatan solusi dan layanan kami dalam memperluas penggunaan kendaraan listrik sekaligus pengembang industri hulu kendaraan listrik di Indonesia," kata Ditya.

Di sisi lain, SVP Non-Subsidized Mortgage and Personal Lending Bank BTN, Mochamad Yut Penta mengatakan, BTN mendukung pembiayaan program kepemilikan Motlis melalui program Motorcycle Ownership Program (MOP) Lewat Produk KRING (Kredit Ringan) yang dapat memanfaatkan Kredit Tanpa Agunan.

BTN juga akan memudahkan akses dan proses pembiayaan KBLBB dengan sejumlah promo yang menarik bagi nasabah BTN yang memiliki payroll BTN atau sudah bekerja sama Penyaluran KRING dengan Bank BTN.

"Program khusus ini memberikan kemudahan pembiayaan tanpa uang muka, angsuran ringan, proses cepat dan tenor pinjaman yang fleksibel," ujar Yut Penta.