Dorong Pembangunan Daerah, Sri Mulyani: Satu Dekade Sudah Tidak Ada Daerah 3T
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan harapannya kepada PT Sarana Multi Infrastruktur dapat memberikan dukungan pembangunan bagi pemerintah daerah (pemda).

Menurut dia, Special Mission Vehicle (SMV) itu didorong untuk dapat mengembangkan program loan serta melakukan assessment risk terhadap pemda.

“Kalau kita lihat pemerintah daerah yang champion yang bisa menurunkan stunting, punya leadership yang bagus, kredibilitas bagus, mestinya kita bisa bantu secara maksimal,” ujar dia seperti yang dilansir dalam laman resmi, Senin, 6 Maret.

Menkeu menjelaskan, PT SMI harus membuat profil risiko sehingga dapat menurunkan tingkat kesenjangan di terpencil, terluar, tertinggal (3T).

“Saya merasa bahwa inequality antardaerah harus diturunkan. Tidak boleh lagi sebenarnya ada daerah 3T dalam satu dekade ke depan,” tegas dia.

Bendahara negara itu menambahkan, Kemenkeu akan terus memberikan dukungan pembangunan serta upaya peningkatan SDM untuk keluar dari middle income trap.

“Coba dipikirkan dan mulai pilih dengan entah proyek atau program di daerah-daerah yang betul-betul menghasilkan suatu hasil yang kemudian bisa di-skill up caranya,” tutup dia.