Kabar Baik! Bansos Beras, Telur, Hingga Ayam Siap Disalurkan Selama Tiga Bulan
Foto: Dok. Kementerian Sosial

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa pemerintah tengah mematangkan skema pemberian bantuan sosial (bansos) berupa sejumlah bahan pangan.

Menurut Airlangga, bansos ini diharapkan memberi dampak positif bagi masyarakat serta upaya penting pemerintah dalam mengendalikan inflasi, utamanya di sektor bahan pangan.

“Pemerintah kemarin sudah memutuskan untuk memberi bantuan beras. Demikian juga dengan bantuan telur dan ayam,” ujarnya melalui kanal daring saat Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) 2023, Minggu, 5 Maret.

Airlangga menjelaskan, para penerima bansos tersebut merupakan masyarakat yang terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH) yang sebelumnya menjadi sasaran utama untuk menyalurkan bantuan.

“Regulasinya sedang diatur dan diberikan selama tiga bulan,” kata dia.

Untuk diketahui, pemerintah pada tahun anggaran 2023 telah menyiapkan anggaran perlindungan sosial sebesar Rp 476 triliun yang disebar ke berbagai sektor.

Angka jumbo itu diharapkan bisa menjaga daya beli masyarakat guna mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan tahun ini. Adapun, untuk anggaran ketahanan 2023 tercatat sebesar Rp104,2 trili