Bank Indonesia Dukung Super Bike Mandalika Lewat Penyediaan Transaksi Digital QRIS
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) disebutkan mendukung penuh perhelatan World Super Bike (WSBK) 2023 di Sirkuit Mandalika yang digelar pada 3-5 Maret.

Kepala Kantor Perwakilan BI NTB Heru Saptaji mengatakan pihaknya memfasilitasi transaksi keuangan selama agenda berlangsung dengan sistem pembayaran digital QRIS.

“QRIS hadir sebagai solusi pembayaran yang lebih praktis bagi masyarakat maupun merchant,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Jumat, 3 Maret.

Menurut Heru, teknologi QR code tersebut sudah mampu melayani berbagai aplikasi pembayaran digital yang telah mendapatkan izin di Indonesia. Kehadiran Bank Indonesia di ajang World Super Bike semakin mendukung target pencapaian 45 juta pengguna dan 1 miliar transaksi QRIS secara Nasional di tahun ini.

“Hal ini juga berperan penting dalam memperkenalkan QRIS kepada pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam event balap motor WSBK 2023,” tuturnya.

Heru menambahkan, ajang tahunan bergengsi itu dinilai cukup strategis untuk mendorong literasi keuangan serta sosialisasi kepada UMKM.

“Kami yakin pembayaran digital akan semakin memberi kemudahan dalam bertransaksi sehingga mampu mendongkrak perputaran uang yang besar selama WSBK. Ini tentu saja menambah manfaat bagi ekonomi provinsi Nusa Tenggara Barat,” tegas dia.

Dalam kesempatan yang sama, perusahaan milik pemerintah PT ITDC Nusantara Xplorin menyatakan dukungan serupa terhadap kesuksesan penyelenggaraan World Super Bike 2023.

Direktur Utama Xplorin Gemma Pratama mengungkapkan sinergi bersama Bank Indonesia selaras dengan misi perusahaan untuk mengembangkan industri pariwisata secara digital.

“Kami memberi kemudahan bagi pengunjung, utamanya wisatawan asing, yang tidak memiliki rekening di Indonesia agar tetap bisa bertransaksi selama acara berlangsung,” kata dia.

Gemma menjelaskan, inisiatif layanan transaksi digital ini juga merupakan bagian dari program Gerakan 100 persen Nontunai yang berbasiskan QRIS.

“Kami berharap dengan adanya Gerakan Nontunai dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna dan transaksi menggunakan layanan pembayaran digital berbasis QRIS, terutama di daerah NTB,” ucapnya.

Sebagai informasi, gelaran event WSBK Indonesia 2023 diproyeksi menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung. Acara ini turut pula melibatkan 200 UMKM yang diharapkan bisa mengakselerasi pemulihan ekonomi setempat.