LMAN Bakal Dapat Rp25,4 triliun Pembiayaan Investasi dari APBN 2023
Ilustrasi Rupiah (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) akan mendapatkan Rp25,4 triliun pembiayaan investasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada 2023.

Direktur Utama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Basuki Purwadi mengatakan, pembiayaan tersebut untuk pengadaan lahan bagi proyek strategi nasional (PSN).

“Kita harapkan dapat dicairkan di tahun ini untuk menambah kecukupan dana guna pengadaan lahan bagi PSN,” kata Basuki mengutip Antara, Jakarta, Senin, 27 Februari.

Ia menyebutkan LMAN berencana mencairkan pembiayaan investasi tersebut pada pertengahan tahun 2023 sebesar Rp10 triliun.

“Nanti pada awal kuartal IV 2023 kita akan cairkan sisanya senilai Rp15,4 triliun, tapi itu baru rencana. Kalau kebutuhannya dipercepat, kita majukan,” ucapnya.

Adapun anggaran pengadaan lahan LMAN paling banyak terserap untuk jalan tol yang biasanya berada di wilayah strategis sehingga harga lahannya lebih mahal.

Selain itu, pengadaan lahan untuk PSN lain seperti bendungan dan jalur kereta api juga dilakukan oleh LMAN.

Sejak didirikan, LMAN membantu pemerintah melakukan pengadaan lahan untuk 106 PSN yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana pada 2022 sebanyak 39 PSN jalan tol dan 17 PSN bendungan sudah diresmikan.

Sebelumnya Basuki menyebutkan, sepanjang 2020, 2021, dan 2022, di tengah COVID-19, LMAN menyalurkan senilai Rp58,85 triliun untuk pengadaan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN) sehingga rata-rata per tahun setidaknya disalurkan Rp20 triliun.