Soal Persiapan F1 Powerboat di Danau Toba, Menteri Sandiaga: Sudah Masuk Tahap Akhir
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, persiapan kejuaraan dunia balap perahu motor F1 Powerboat World Championship (F1H2O), yang akan digelar di Danau Toba, Sumatra Utara, pada 25-26 Februari 2023, hampir selesai.

"Kami sudah memasuki tahap akhir dan semua persiapannya sudah optimal dan maksimal," kata Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin, 20 Februari.

Sandiaga menyebut, sebanyak 20 pebalap dari 10 tim yang berasal dari enam negara sudah dalam persiapan tiba di Indonesia.

"Mereka akan siap berkompetisi dan ini adalah ajang event sport tourism pertama terbesar yang akan kami selenggarakan di Danau Toba," ujarnya.

Selain itu, tim F1 Powerboat juga telah menilai kelaikan dan kelayakan perairan akses pendukung di sekitar lokasi penyelenggaraan terkait. "Terakhir, SDM (sumber daya manusia) juga sudah disiapkan," ungkapnya.

Sementara, untuk tarif kamar hotel, Sandiaga mengaku memang mengalami peningkatan nantinya.

"Akan tetapi, kami memberikan panduan agar harganya tidak terlalu naik secara signifikan dan kami berharap SDM-nya juga sudah mendapatkan pelatihan, agar siap menerima tamu-tamu dari mancanegara dan juga dari nusantara," pungkasnya.

Sebelumnya, ​Kementerian PUPR menyebut pembangunan fisik arena F1H2O sudah mencapai 99,97 persen dan hanya menyisakan pekerjaan pembersihan area.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya secara terpadu telah mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, dengan prinsip penataan kawasan wisata yang mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional.

Pembangunan area F1H2O yang menelan anggaran APBN 2022-2023 senilai Rp35,9 miliar ini, mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatra Utara Ditjen Cipta Karya sejak 30 November 2022 dan selesai 21 Februari 2023.