ITB-Perusahaan Korsel Kembangkan Kecerdasan Buatan Sistem Keuangan
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) dan eWideplus Corp, perusahaan konvergensi digital asal Korea Selatan (Korsel) bekerja sama dalam pengembangan kecerdasan buatan untuk sistem keuangan.

eWideplus Corp memiliki spesialisasi dalam bisnis global, keuangan, dan lingkungan.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi ITB, Prof. Wenten menyampaikan terima kasih kepada eWideplus karena telah memberikan kepercayaan kepada ITB untuk melakukan penelitian bersama, yang didukung oleh Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi, Korea Selatan.

ITB terkenal dengan keunggulan riset di berbagai bidang artificial intelligence (AI), machine learning, dan teknologi baru.

Sementara itu, eWideplus memiliki pengalaman dalam mengembangkan aplikasi dan sistem terpusat untuk proyek teknologi finansial global termasuk perbankan dan manajemen aset.

"Dengan tujuan mengembangkan sistem transaksi terdesentralisasi, eWideplus akan berkolaborasi dengan ITB, yang memiliki kemampuan untuk melakukan semua kegiatan penelitian dan pengembangan yang diperlukan, termasuk pengembangan, pengujian, dan pembuatan prototipe," kata Prof Wenten dikutip dari Antara, Minggu, 12 Februari.

Penelitian bersama akan melibatkan pertukaran materi akademik dan akan dilakukan di the eWideplus Global R&D Collaboration Center in Korea.

"Jika diperlukan, peneliti dari ITB dapat mengunjungi eWideplus Korea untuk kemudahan pengembangan. ITB akan bekerja sama dengan eWideplus sebagai peneliti dan engineer, dengan fokus pada pengembangan teknologi AI global," tambah Prof. Wenten.

Sementara itu, CEO of eWideplus Corp, Jang Hyouk Jun juga menyampaikan terima kasih kepada ITB atas kerja sama yang telah dijalin.

Jang Hyouk Jun berharap kolaborasi dengan ITB dapat menghasilkan manfaat bagi kedua belah pihak.