Bank of England Akan Kaji Lebih Lanjut Penggunaan Kecerdasan Buatan di Sektor Keuangan
Gubernur Deputi BoE, Sam Woods (foto: x @BoECentralSouth)

Bagikan:

JAKARTA - Bank of England (BoE) akan lebih teliti mengkaji penggunaan yang semakin berkembang dari kecerdasan buatan oleh perusahaan keuangan. Akan  tetapi Gubernur Deputi Sam Woods mengatakan pada  Rabu 6 Desember bahwa regulasi khusus yang ditujukan untuk kecerdasan buatan mungkin bukan cara terbaik untuk melangkah ke depan.

Menurut Woods, penggunaan pembelajaran mesin dan beberapa jenis kecerdasan buatan telah secara luas digunakan untuk deteksi penipuan dan pencucian uang, tetapi aplikasi untuk bentuk lain masih berada pada tahap eksploratif.

"Kami ingin bersikap agnostik terhadap teknologi dalam semua regulasi kami," kata Woods dalam konferensi pers setelah BoE menerbitkan Laporan Stabilitas Keuangan terbarunya.

"Regulasi keuangan yang khusus untuk kecerdasan buatan mungkin bukan cara yang tepat ke depannya," tambahnya.

Dia mengatakan Komite Kebijakan Keuangan Bank akan meninjau kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin tahun depan untuk mempertimbangkan risiko-risiko mereka terhadap stabilitas keuangan, bekerja sama dengan otoritas lain.

Menurut  komite tersebut, kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin bisa memberikan manfaat signifikan bagi sektor keuangan dengan meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan manajemen risiko, dan menyediakan produk dan layanan baru. .

Namun, adopsi yang lebih luas dapat menimbulkan risiko sistemik, seperti memperbesar perilaku kawanan atau meningkatkan risiko serangan siber.

Gubernur BoE, Andrew Bailey, mengatakan bahwa semua orang belajar dengan cepat tentang kecerdasan buatan dan seharusnya mendekatinya dengan "mata terbuka lebar".

"Ini, menurut saya, memiliki implikasi yang cukup mendalam, berpotensi untuk pertumbuhan ekonomi dan bagaimana ekonomi dibentuk ke depannya," kata Bailey.

"Perusahaan yang menggunakan kecerdasan buatan perlu memahami secara tepat bagaimana teknologinya bekerja," tambahnya.

Woods mengatakan bahwa BoE dapat mempertimbangkan langkah-langkah apa yang seharusnya diambil oleh manajer senior di sektor keuangan, yang secara langsung bertanggung jawab kepada regulator, untuk memastikan bahwa "apa yang keluar dari kotak hitam itu sebenarnya masuk akal".

BoE baru saja diberikan kekuatan baru untuk mengawasi bagaimana bank menggunakan pihak ketiga, seperti penyedia cloud, untuk layanan kritis.

"Jadi jika hal ini menjadi kasus bahwa sistem keuangan menjadi sangat bergantung pada penyedia teknologi kecerdasan buatan, mungkin saja itu akan menjadi kandidat untuk penggunaan kekuatan baru tersebut," kata Woods.