Kemenparekraf Sebut Layanan Gojek Bantu UMKM di Tengah Puncak Pandemi COVID-19
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Deputi Bidang Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Muhammad Neil El Himam menyebut, Gojek melalui layanan GoFood dan GoSend cukup membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya, terutama saat puncak pandemi COVID-19 pada 2021 lalu.

"Gojek dan GoSend juga menjadi salah satu pilar, yang mana teman-teman UMKM saat pandemi menjadi pahlawan pandemi dan semua punya kebutuhan pengiriman barang, termasuk makanan," kata El Himam kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 9 Februari.

Pada masa puncak pandemi, lanjut dia, layanan GoFood dan GoSend ini juga sangat bermanfaat dan membantu masyarakat yang tengah melakukan isolasi mandiri.

El Himam berharap, melalui layanan Gojek, masyarakat dapat bertransformasi ke digital.

"UMKM perlu bergabung dengan komunitas agar memiliki semangat yang sama supaya para anggotanya bisa naik kelas," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Head of Marketing Logistics Gojek Theresia Nadya menyebut, kepopuleran tren berjualan secara daring (online) patut didukung, salah satunya melalui layanan GoSend dengan kehadiran komunitas 'Best Seller GoSend'.

Dengan program komunitas tersebut, diharapkan mampu mendukung peningkatan kapasitas pembelajaran, promosi usaha, serta penjual daring, termasuk UMKM dapat terus berjejaring dan naik kelas.

"Dalam program ini, pelaku UMKM, khususnya online seller dapat memperoleh berbagai macam dukungan bisnis, seperti pelatihan, promo eksklusif, ekspose media, hingga kesempatan bekerja sama dengan Brand Ambassador GoSend Ariel Noah," tandasnya.