Dapat Tugas Impor Daging Sapi, ID FOOD Bakal Jual Rp105.000 per Kg
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Holding BUMN Pangan atau ID FOOD mendapatkan penugasan untuk mengimpor 100.000 ton daging sapi beku dari Brasil. Nantinya, harga maksimum daging tersebut akan dijual di pasar sebesar Rp105.000 per kilogram (kg).

Direktur Utama ID FOOD, Frans Marganda Tambunan mengatakan importasi daging sapi belu ini mulai dilakukan pada Maret mendatang. Terkait dengan harga daging sapi beku itu, kata Frans, sudah diputuskan pemerintah sehingga pihaknya mengikuti kebijakan harga tersebut.

"Pokoknya kami mengikuti pemerintah, kami berkoordinasi, maksimal harga di konsumen untuk daging sapi untuk paha depan maksimal Rp105.000 per kg, itu yang jadi tugas ke kami," ungkap Frans, kepada wartawan, ditulis Kamis, 9 Februari.

Frans menjelaskan bahwa importasi daging sapi beku ini diperuntukan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, khususnya saat Ramadan dan Lebaran 2023. Selain daging sapi, kata Frans, pihaknya juga ditugaskan pemerintah mendatangkan 250.000 ton gula kristal putih atau gula konsumsi.

Adapun aksi korporasi itu, bagian dari rencana pemerintah mengimpor 991.000 ton gula konsumsi tersebut. Frans mengatakan bahwa harga gula konsumsi yang nantinya dilepas di pasar dalam negeri sebesar Rp13.500 per kg.

Lebih lanjut, Frans memastikan bahwa harga jual tersebut sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp13.500.

"Harga gula konsumsi di lepas di pasar Rp13.500," ucapnya.

Sekadar informasi, untuk menyukseskan kedua impor komoditas itu, pemerintah pun akan menyuntikkan anggaran sebesar Rp8 triliun kepada ID FOOD. Namun sebelum anggaran dicairkan, ID FOOD terlebih dahulu menggunakan dana internal.