Bank Mandiri Berencana <i>Stock Split</i> dengan Rasio 1:2
Ilustrasi Bank mandiri (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) berencana melakukan membagi nilai nominal sahamnya (stock split) dengan rasio 1:2. Adapun nilai nominalnya sahamnya akan dipecah dari Rp250 menjadi Rp125 per saham.

"Pemecahan Nilai Nominal Saham diusulkan dengan rasio 1:2 atau 1 (satu) saham lama dengan nilai nominal Rp250 per saham menjadi 2 saham dengan nilai nominal Rp125 per saham, dimana untuk saham Seri A Dwiwarna akan tetap dipertahankan 1 saham dan sisanya akan diperhitungkan menambah saham Seri B milik Negara Republik Indonesia," kutip keterbukaan informasi perseroan, Senin, 6 Februari 2023.

Aksi korporasi tersebut memperhatikan harga pasar saham Perseroan di BEI yang dipengaruhi adanya perbedaan nilai nominal dengan perusahaan dengan kegiatan usaha yang sejenis maka telah dipertimbangkan pelaksanaaan stock split.

Hal ini dengan memperhatikan ketentuan yang berlaku dalam rangka mendukung peningkatan likuiditas perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, dengan meningkatkan jumlah unit saham yang beredar. Selain itu, aksi ini untuk perluasan distribusi kepemilikan saham melalui penyesuaian harga saham sehingga mencapai trading range yang optimal untuk menjangkau berbagai lapisan investor.

Tujuan tersebut dapat dicapai tanpa perubahan jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh, dengan peningkatan transaksi diharapkan harga saham Perseroan di pasar lebih tinggi dari nilai teroritis setelah pelaksanaan stock split dengan demikian akan meningkatkan nilai kapitalisasi saham di Pasar.

Stok split ini akan dilaksanakan paling lambat 30 (tiga) puluh hari setelah pelaksanaan RUPS yang menyetujui rencana tersebut.

Perseroan akan mengumumkan Jadwal Pelaksanaan Stock Split setelah Perseroan memperoleh persetujuan RUPS dan/atau pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia atas perubahan Pasal 4 Anggaran Dasar Perseroan serta Perseroan telah memenuhi seluruh persyaratan dalam POJK No.15/2022 dan persyaratan pencatatan saham tambahan dan setelah memperoleh persetujuan pencatatan saham tambahan dari PT Bursa Efek Indonesia.

Dari pantauan VOI, pada perdagangan hari ini harga saham BMRI di kisaran Rp9.900 hingga Rp10.050.