JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menjelaskan, Kementerian Perdagangan secara konsisten mengembangkan ekosistem perdagangan melalui sistem elektronik. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi ekonomi digital Indonesia melalui akselerasi transformasi digital secara inklusif dan berkelanjutan.
Hal ini disampaikan Wamendag Jerry pada kegiatan gelar wicara “Edukasi UMKM Go Digital Bersama Wakil Menteri Perdagangan, Dagangan, dan HIPMI Sulawesi Utara” di Manado, Sulawesi Utara.
“Salah satu langkah Kementerian Perdagangan yaitu digitalisasi perdagangan khususnya usaha dagang mikro, kecil, dan menengah. Langkah tersebut menyasar 1 juta UMKM (250 ribu pedagang pasar rakyat dan 750 ribu pedagang nonpasar rakyat) melalui digitalisasi pasar dengan memanfaatkan platform digital dalam hal transaksi maupun pembayaran,” katanya dalam keterangan resmi, Senin, 30 Januari.
Kementerian Perdagangan, sambung Jerry, juga telah bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan para Penyelenggara Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Salah satunya platform Dagangan untuk mendampingi UMKM masuk ke dalam ekosistem digital.
Di samping itu pula, Jerry mengatakan, sampai saat ini, Kementerian Perdagangan juga memberikan kemudahaan akses pasar bagi UMKM untuk memasarkan produk di pasar internasional melalui 46 kantor perwakilan perdagangan Kementerian Perdagangan di luar negeri.
BACA JUGA:
“Keterbukaan akses pasar juga dapat diperoleh dengan memanfaatkan 26 perjanjian dagang yang telah dibangun oleh Kementerian Perdagangan,” ucapnya.
Jerry mengatakan, Kementerian Perdagangan juga memberikan fasilitasi pengembangan produk UMKM dengan menyediakan etalase produk UMKM melalui laman web https://portal-indonesia.id.
“Portal tersebut dapat dimanfaatkan UMKM untuk memperkenalkan produknya secara digital serta memfasilitasi promosi dan pengenalan produk Indonesia melalui internet,” tuturnya.