Antrean Penumpang Penuh Sesak di Stasiun Manggarai, Kemenhub Beberkan Penyebabnya
Ilustrasi Stasiun Manggarai. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) buka sura soal kepadatan penumpang penuh sesak di Stasiun Manggarai beberapa hari ke belakang. Kepadatan ini terjadi karena eskalator dan lift di stasiun tidak berfungsi optimal.

“Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan terkait kondisi eskalator dan lift di Stasiun Manggarai,” ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati kepada VOI, Jumat, 27 Januari.

Adita memastikan bahwa kondisi eskalator dan lift di Stasiun Manggarai sudah dapat difungsikan secara optimal.

Hal ini, kata Adita, pekerjaan perawatan eskalator dan lift untuk penumpang KRL Jabodetabek yang dikerjakan oleh Balai Teknik Perkeretaapian telah rampung pada Rabu, 25 Januari.

Adita mengatakan, pekerjaan perawatan eskalator dan lift tersebut merupakan bagian dari peningkatan fasilitas penunjang stasiun dan dilakukan dengan mengganti komponen mesin yang perlu diperbaiki.

“Dalam hal ini, seluruh rangkaian pekerjaan perawatan eskalator dan lift dilakukan pada saat malam hari secara bertahap untuk menghindari kepadatan serta penumpukan penumpang,” katanya.

Namun, kata Adita, saat ini tersisa satu unit eskalator di pintu barat Stasiun Manggarai (Stasiun Bandara) yang masih dilakukan perawatan, dan tidak akan berdampak signifikan kepada perjalanan penumpang KRL Jabodetabek.

Dia menambahkan, DJKA akan terus berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia selaku operator untuk melakukan pemantauan, perawatan, serta rekayasa alur penumpang jika dibutuhkan.

“Masukan dan saran yang diterima dari masyarakat akan dijadikan acuan untuk perbaikan dan peningkatan layanan di setiap stasiun,” tuturnya.