Pentingnya Mengetahui Cara Praktis dan Aman Mencari Pekerjaan di Cirebon
Stasiun kereta api kota Cirebon. (Wikipedia)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini Anda sedang mencari pekerjaan di sekitar Cirebon? Dewasa ini, Cirebon merupakan salah satu tujuan untuk mencari pekerjaan bagi para pemburu pekerjaan. Tidak hanya bagi para pencari kerja di daerah Cirebon dan sekitarnya, namun termasuk dari luar kota Cirebon.

Dewasa ini para pencari kerja tidak hanya fokus mencari kesempatan kerja di dalam kota mereka tinggal saat ini saja, namun meluas pada berbagai kota industri lain di Indonesia. Mengingat Indonesia terdiri dari beragam kota industri, termasuk di Cirebon yang memiliki berbagai kesempatan untuk pekerjaan baru.

Nah, sebelum beranjak untuk mencari lowongan kerja Cirebon, ada baiknya untuk mengenal garis besar kota Cirebon. Mulai dari sejarah Cirebon, besar UMR, perkiraan biaya hidup, dan cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon berikut ini.

Kenali Garis Besar Cirebon

Tidak kenal maka tidak sayang bukan? Sebelum memutuskan untuk bekerja di Cirebon tentunya akan lebih baik lagi jika Anda mengenal Cirebon secara garis besar. Hal ini dapat dikatakan sebagai salah satu upaya untuk mencapai cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon.

1. Sejarah

Cirebon merupakan salah satu kota yang cukup populer di Jawa Barat karena posisinya yang strategis di jalur Pantura. Jalur Pantura merupakan salah satu jalur tersibuk di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dengan Cirebon, kemudian terhubung dengan Semarang hingga ke Surabaya.

Berdasarkan sejarahnya, Cirebon dulunya merupakan sebuah kota kerajaan Islam dengan nama Kerajaan Cirebon yang Berjaya di sekitar tahun 1430 M dan bertahan hingga abad ke-16 M. Kerajaan ini memiliki sistem pemerintahan kesultanan yang menitikberatkan budaya Jawa dan Sunda di Cirebon.

Beberapa peninggalan Kerajaan Cirebon dapat dinikmati untuk tujuan pelestarian budaya hingga pariwisata yang cukup populer di Cirebon. Beberapa diantaranya yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Taman Sunyaragi, hingga komplek religious untuk ziarah seperti makam Gunung Sembung dan Sunan Gunung Jati.

Setelah modernisasi menyentuh Cirebon, berbagai perubahan pun membawa Cirebon menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya menjadi kota dengan sistem pemerintahan yang modern namun juga memiliki tata kota yang cukup baik hingga fasilitas umum yang memadai.

2. Jumlah penduduk

Hal tersebut terbukti pada laju tingkat penduduk di Cirebon yang semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data BPS di tahun 2021, jumlah penduduk telah mencapai 343. 497. Jumlah ini relatif naik sehingga berdampak terhadap laju tingkat ekonomi penduduk secara signifikan. Munculnya berbagai cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon juga membuat jumlah penduduk meningkat di kota ini.

3. Tingkat perekonomian

Letak geografis yang strategis bagi Cirebon membuatnya sebagai salah satu kota industri yang cukup populer di Indonesia. Sistem perekonomian kota ini didominasi oleh industri yang cukup menjanjikan. Tidak heran jika banyak penduduk yang mencari pekerjaan di Cirebon hingga berupaya dengan cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon.

4. Transportasi umum

Laju industri yang semakin meningkat setiap tahunnya di Cirebon membuat kawasan ini memiliki fasilitas transportasi umum yang cukup memadai. Adanya stasiun kereta Api, terminal bus, bandara, hingga pelabuhan memudahkan para pencari kerja dalam bekerja di Cirebon. Tidak heran jika para pencari kerja mencari cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon dengan adanya kemudahan tersebut.

5. Tingkat kriminalitas

Meningkatnya berbagai kemudahan dan tingkat ekonomi yang cukup menjanjikan di Cirebon membuatnya cukup aman dari tingkat kriminalitas. Kota ini juga tidak termasuk dalam kota yang rawan dalam angka kriminalitas. Tidak heran jika banyak pencari kerja memilih untuk bekerja di Cirebon hingga mencari cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon.

Berdasarkan keterangan singkat di atas terkait garis besar Cirebon, tentunya membuat para pencari kerja menjadi lebih yakin untuk bekerja di Cirebon bukan? Tidak heran jika banyak pencari kerja mencari berbagai cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon.

UMR Kota Cirebon

Berdasarkan keputusan gubernur Jawa Barat yang disahkan oleh Ridwan Kamil dengan nomor 561.7/Kep.776-Kesra/2022 tentang penetapan UMK 2023, rata-rata UMR di Jawa Barat mengalami kenaikan sekitar 7.09% termasuk juga di Cirebon. Menurut keputusan gubernur tersebut UMR di Cirebon adalah Rp.2.456.516,-

Biaya hidup di Cirebon

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Cirebon, ada baiknya untuk mengetahui biaya hidup di kota industri ini. Cirebon telah menjadi kota industri yang populer di Indonesia dengan biaya hidup yang tergolong rendah. Tidak hanya di Jawa Barat, namun juga di Indonesia, Cirebon masuk dalam kategori 10 kota dengan biaya hidup rendah.

Sebagai bentuk ilustrasi, hidup di Cirebon selama satu bulan dapat menghabiskan biaya sekitar satu hingga dua juta rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk biaya sewa kamar untuk kost bagi para pekerja, biaya makan, hingga transportasi. Tidak heran jika pencari kerja mencari cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon.

Cara praktis dan aman mencari pekerjaan di Cirebon

Sudah siapkan Anda untuk mencari pekerjaan di Cirebon? Berikut terdapat beberapa cara yang cukup praktis dan aman yang dapat diterapkan untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda di Cirebon.

Manfaatkan situs pencari kerja yang kredibel

Situs pencari kerja secara online dapat ditemukan dengan cukup mudah mengingat kemajuan teknologi saat ini cukup pesat. Anda harus berhati-hati dalam memilih situs yang kredibel. Pastikan situs yang Anda pilih adalah situs yang aman dan cukup terpercaya.

Beberapa situs pencari kerja yang cukup populer, yaitu Jobstreet, Linkedin, hingga Glints. Beberapa situs tersebut telah terbukti memiliki tingkat keamanan yang cukup kredibel dan menjanjikan bagi para pencari kerja.

Tentukan pekerjaan sesuai bakat serta minat

Membuat pilihan yang lebih terperinci akan memudahkan Anda dalam melakukan pencarian karir impian. Terlebih lagi jika dilakukan dengan penyesuaian bakat dan minat Anda.

Memilih karir yang sesuai dengan bakat dan minat Anda akan memudahkan dalam pencarian pekerjaan pada karir impian Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu membuang terlalu banyak waktu dalam mencari pekerjaan di Cirebon.

Pelajari perusahaan yang dituju

Tidak ada salahnya untuk melakukan penelitian singkat mengenai perusahaan yang akan dilamar. Hal ini tidak hanya akan membantu Anda mengenal perusahaan yang akan dituju, namun juga dapat membantu Anda dalam proses wawancara ke depannya.

Dengan memahami perusahaan yang dilamar sebagai salah satu tujuan pencapaian karir Anda, proses ini membantu Anda menjadi salah satu kandidat yang lebih paham dalam jenis karyawan yang dicari perusahaan berdasarkan tipe-tipe perusahaan yang akan Anda lamar di Cirebon.

Fokus

Fokus dalam proses untuk mendapatkan karir impian sangat diperlukan dalam mencari pekerjaan. Proses ini memberikan Anda waktu yang cukup untuk mengeksplorasi pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat Anda.

Nah, itulah beberapa penjelasan singkat yang dapat Anda manfaatkan untuk meraih karir impian Anda Cirebon. Selain beberapa hal di atas, usahakan untuk tidak mudah menyerah agar pencarian karir impian Anda berjalan sesuai harapan Anda. (ADV)