Menteri Teten ke Mahasiswa Cirebon: Jangan Cari Kerja Tapi Ciptakan Lapangan Pekerjaan
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengajak mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) di Jawa Barat menjadi wirausaha dan membuka lapangan kerja setelah selesai kuliah nanti.

"Kami sekarang ini keliling kampus, untuk menyiapkan adik-adik mahasiswa, agar tidak lagi mencari kerja tapi pencipta lapangan kerja," kata Teten di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu 16 Juli dikutip dari Antara.

Menurutnya setiap tahun ada 1,7 juta sarjana baru. Sedangkan angkatan kerja ada 3,5 juta, namun dunia usaha hanya bisa menyerap 2 juta saja.

Dengan demikian mahasiswa yang notabene memiliki keilmuan tinggi perlu membuka lapangan pekerjaan, jangan terus mencari kerja.

Namun lanjut Teten, survei terbaru menunjukkan rerata mahasiswa tidak lagi menginginkan mencari pekerjaan, akan tetapi 70 persen ingin berwirausaha.

"Memang menurut survei hanya 30 persen yang akan mencari kerja. Terbukti saat dilakukan survei di UMC ini, di mana rerata ingin berwirausaha," katanya.

Teten juga berpesan, agar kampus bisa menciptakan mahasiswanya sebagai pengusaha atau "entrerpreneur" dengan cara perlahan mengganti kurikulumnya.

Karena, saat ini “entrepreneur” di Indonesia masih kurang banyak, padahal kata Teten, negara maju entrepreneurnya atau pengusaha bisa mencapai 12-14 persen.

"Kampus seharusnya tidak lagi menyiapkan pegawai swasta atau pemerintahan, namun mahasiswanya disiapkan menjadi entrepreneur," kata Teten.