ID FOOD Ajak Semua Pihak Bersama Memajukan Pangan Indonesia
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Satu tahun sudah BUMN Holding Pangan ID FOOD berperan dalam membangun ekosistem hulu hilir pangan terintegrasi. ID FOOD juga mengajak semua pihak baik masyarakat hingga pengusaha bersama memajukan pangan Indonesia.

Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD, Frans Marganda Tambunan mengatakan bahwa ID FOOD terus lakukan transformasi dan inovasi pangan di Tanah Air.

Di hulu pangan, kata Frans, ID FOOD sinergi stakeholders telah berkontribusi melalui Program Makmur sampai dengan tahun 2022 dengan realisasi tanam seluas 326.622 hektare, yang melibatkan petani sekitar 173.486 orang melalui beberapa komoditas seperti padi, tebu, jagung, sawit dan kopi.

Selain itu, di hilir pangan, berbagai kegiatan korporasi dalam memperkuat ekosistem pangan nasional telah dilakukan di tahun 2022 melalui komitmen pendistribusian pangan.

Salah satunya adalah komitmen dalam menjaga ketersediaan pangan komoditas minyak goreng dengan mendistribusikan sekitar 90,56 juta liter minyak goreng di 6.500 titik lokasi di Indonesia.

“Terima kasih atas ucapan, dukungan dan harapan kepada ID FOOD, sesuai tema yang diusung pada HUT yang pertama ini, kami mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha pangan dapat bersama-sama berkolaborasi dalam memajukan pangan Indonesia,” kata Frans dalam keterangan resmi, ditulis Senin, 9 Januari.

Sementara itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berharap BUMN ID FOOD dapat terus kolaborasi dengan Kementerian Pertanian. Menurutnya, ID FOOD memiliki peran penting untuk pertanian, karena merupakan bagian dari ekosistem pertanian.

“Pertanian tidak hanya di budidaya, pertanian ada di pasca, pertanian ada di mengindustrikannya, dan mengolahnya, pertanian ada di market, dan ID FOOD ada di semua tempat,” kata Menteri SYL.

Ucapan dan harapan untuk ID FOOD juga datang dari Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono yang berharap BUMN ID FOOD dapat menggalakkan sinergitas dan kolaborasi untuk menghadirkan ketahanan pangan nasional.

“Dan peningkatan kesejahteraan insan pangan di Indonesia, khususnya para nelayan dan pembudidaya sebagai pelaku utama sektor kelautan perikanan,” ujarnya.

Di samping itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan juga mendorong peran BUMN Holding Pangan ID FOOD agar dapat memperkuat rantai pasok pangan di tanah air.

Sebagai upaya bersama memajukan pangan Indonesia, harapan lainnya untuk ID FOOD juga disampaikan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim.

Nadiem berpesan BUMN ID FOOD dapat memperkuat kolaborasi lintas sektor untuk mengembangkan ekosistem riset di bidang pangan.

“Memasuki usia ke-1 tahun, saya berharap ID FOOD dapat menjadi mitra kolaborasi bagi kampus-kampus di Indonesia, untuk bersama-sama melakukan riset berkualitas dan menghasilkan Inovasi di bidang pangan,” ucap Menteri Nadiem.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memiliki harapan kepada ID FOOD untuk dapat meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak sehingga mampu mewujudkan misi swasembada pangan di Indonesia.