Hari Kopi Nasional 2023, Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat dan Pererat Harmoni Bangsa
Foto: Dok. ID FOOD

Bagikan:

JAKARTA - Dewan Kopi Indonesia (DEKOPI) bersama BUMN Holding Pangan ID FOOD bersinergi menyelenggarakan peringatan Hari Kopi Nasional (HKN) di Jakarta. Kegiatan peringatan HKN ini serentak dilaksanakan juga di beberapa kota seluruh Indonesia.

Ketua Umum DEKOPI Rusman Heryawan mengatakan bahwa, peringatan hari kopi dari tahun ke tahun kini semakin semarak dan luas. Sejak tahun 2018, setiap tanggal 11 Maret telah diperingati sebagai hari kopi nasional.

“HKN 11 Maret 2023 tahun ini, mengangkat tema Keberagaman Kopi Nusantara Perkuat Ekonomi Masyarakat dan Pererat Harmoni Bangsa, tema ini dimaksudkan untuk mengajak semua pihak bekerjasama lebih erat dan harmonis dalam berbagai kegiatan baik di pusat dan daerah. Terutama para jajaran eksekutif, legislatif dan dunia usaha terlebih lagi setelah peringatan hari kopi nasional hari ini,” ujar Rusman, dalam keterangannya, Sabtu 11 Maret.

Menurutnya, potensi kopi hulu hilir perlu lebih dikenal secara luas terutama generasi millenial yang lebih banyak bergerak di hilir. Adalah sebuah fakta bahwa Indonesia merupakan negara penghasil kopi dengan cita rasa dan variasi terbaik dan terkaya, akan tetapi fakta dan potensi ini belum diolah dengan maksimal sehingga kopi belum bisa menyumbang devisa yang lebih besar dan memberi penghidupan yang lebih baik bagi petani pekebun kopi.

Ia menambahkan bahwa potensi kopi perlu lebih dikenali lebih dalam dan lebih luas. Pembangunan kopi berkelanjutan perlu lebih fokus membangun hulu dan kelembagaannya menuju produktifitas minimal lebih dari 1,5 ton/hektare.

Menurut Rusman, secara simultan juga perlu lebih fokus membangun hilir dengan edukasi konsumen dalam negeri dan memperluas export roasted been dan kopi olahan.

Sementara itu, Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan mengatakan bahwa ID FOOD bersama sinergi BUMN terkait lainnya yang terlibat dalam PMO Makmur ikut mempromosikan kopi Indonesia bahkan hingga ke tingkat internasional.

“Kami telah melakukan pembinaan kepada petani, termasuk petani kopi melalui ekosistem program Makmur, kami sinergi BUMN membantu dari hulu hilir rantai pangan, untuk komoditas kopi di tahun ketiga program Makmur kami menargetkan 5.000 hektar lahan kopi untuk pembinaan petani kopi, mari kita bersama-sama dan bersinergi memajukan industri kopi indonesia,” jelas Frans pada kegiatan HKN 2023.

Dewan Pembina DEKOPI sekaligus Komisaris Utama PT RNI (Persero)/ID FOOD Bayu Krisnamurthi menambahkan untuk terus bersinergi mendorong keanekaragaman kopi Indonesia.

“Keberagaman kopi harus kita promosikan dan lindungi, oleh karenanya mari bersinergi untuk mempromosikan sekaligus melindungi kopi Indonesia,” ujar Bayu.

DEKOPI kini telah hadir di 11 daerah provinsi dan akan terus bertambah. Kepada segenap pihak terutama para penikmat, pencinta, pendukung dan petani pekebun kopi di seluruh Indonesia, mari merapatkan barisan di Dewan Kopi Indonesia bernaung dalam Rumah Besar Perkopian Nusantara yang beranggotakan para organisasi, assosiasi dan komunitas perkopian nasional, menyatukan perbedaan menikmati keberagaman Kopi Indonesia.