Bos CLEO Konglomerat Hermanto Tanoko Tambah Kepemilikan di Perusahaan Keramik
Konglomerat Hermanto Tanoko. (Foto: Instagram @htanoko)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan Group Tancorp milik salah satu orang terkaya di Indonesia pemilik perusahaan air minum CLEO, Hermanto Tanoko, resmi menambah kepemilikan sahamnya di emiten keramik PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK).

Dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang dikutip Selasa 27 Desember, PT Tancorp Bangun Indonesia (TBI) telah melakukan pembelian saham CAKK pada 23 Desember 2022. Namun tidak diperinci pihak yang menjual sahamnya kepada TBI.

Total saham yang dibeli mencapai 90,63 juta (90.636.700) saham. Dengan adanya transaksi ini, persentase kepemilikan Tancorp di CAKK meningkat dari yang mulanya 662 juta saham atau setara dengan 55,02 persen menjadi 752,63 juta saham atau 62,55 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan.

Manajemen tidak memperinci harga pembelian saham ini. Namun sebelum transaksi tersebut, Tancorp Bangun Indonesia mengambil alih mayoritas saham CAKK dari PT Marissi Idola Sumber Sejahtera, Johan Silitonga, dan Luciana Sutanto pada 19 Oktober 2022. Total saham yang dibeli saat itu adalah 662 juta lembar atau setara dengan 55 persen dari modal yang ditempatkan dan disetor perusahaan.

Saham tersebut dibeli di harga Rp229 per lembar sehingga total transaksi akuisisi mencapai Rp151,59 miliar.

Sebelum pengambilalihan, Tancorp Bangun Indonesia tidak memiliki kepemilikan saham di CAKK. Keduanya juga tidak memiliki hubungan afiliasi sebagaimana tertuang dalam Pasal 7 ayat (2) POJK No. 9/2018.

Sebagai informasi, saat ini Tancorp memiliki delapan perusahaan subholding yang bergerak di berbagai bidang. Bidang tersebut seperti, industri, distribusi, properti, perhotelan, makanan & minuman, kesehatan & kecantikan, bisnis jaringan, serta kafe & restoran.