Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia, Beberapa di Antaranya dari Timur Tengah
Ilustrasi mata uang (Dok. Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di dunia ini ada ratusan mata uang yang digunakan sebagai alat penukar barang dan jasa. Tiap mata uang punya nilainya masing-masing. Lalu, negara mana yang memiliki mata uang tertinggi di dunia?

Mata Uang Tertinggi di Dunia

Saat ini setidaknya ada 180 mata uang yang diakui oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Sedangkan mata uang yang banyak diperdagangkan di dunia adalah Dolar AS (USD). Meski demikian ada beberapa mata yang memiliki nilai tertinggi di dunia yakni sebagai berikut.

  1. KWD (Dinar Kuwait)

Kuwait tak hanya jadi negara pengekspor minyak terbesar di dunia, namun menjadi negara dengan mata uang tertinggi. Mata uang yang dimilikinya adalah Dinar Kuwait atau KWD. Besarnya pengaruh Kuwait terhadap industri minyak dunia makin membuat nilai mata uangnya melambung. Berdasarkan data Google Finance, saat artikel ini ditulis, 1 KWD setara dengan Rp50.904.

  1. BHD (Dinar Bahrain)

Bahrain juga dikenal sebagai negara yang kaya karena ekspor produk buminya. Di sektor migas, Bahrain mendapat kekayaan dari ekspor minyak bumi nilainya lebih dari 69 miliar dollar Amerika Serikat. Kekayaan Bahrain sekaligus makin menguatkan mata uangnya dan menjadikannya sebagai salah satu mata uang termahal. Berdasarkan data Google Finance, saat artikel ini ditulis, 1 BHD 1setara dengan Rp41.441.

  1. OMR (Rial Oman)

Mungkin sebagian masyarakat masih asing mendengar mata uang OMR. Mata uang tersebut dimiliki oleh negara Oman. Negara tersebut juga kaya akan minyak yang membuatnya sebagai salah satu negara pengekspor migas terbesar. Oman juga jadi negara yang menarik untuk para investor. Selain itu Oman berhasil mempertahankan nilai mata uangnya lebih dari 50 tahun. Berdasarkan data Google Finance, saat artikel ini ditulis, 1 OMR setara dengan Rp40.578.

  1. JOD (Dinar Yordania)

Yordania adalah salah satu negara yang berhasil menjaga nilai mata uangnya dengan baik. Padahal negara tersebut secara ekonomi tidak semaju dengan negara tetangganya di Timur tengah. Namun nilai mata uangnya disebut paling stabil. Money Inc. menyebut bahwa tingginya nilai mata uang JOD merupakan hasil produk kebijakan pemerintah yang membatasi nilai mata uang mereka. Berdasarkan data Google Finance, saat artikel ini ditulis, 1 JOD setara dengan Rp22.023.

  1. GBP (Pound Sterling)

POD adalah mata uang resmi yang dimiliki oleh Britania Raya. Poundsterling juga menjadi mata uang yang banyak diperjualbelikan dalam valuta asing bersama mata uang lain yakni Dollar Amerika, Yen, dan Euro. Tingginya nilai GBP disebabkan karena suku bunganya yang tinggi. Makin tinggi suku bunga suatu negara, maka investor makin tertarik dengan mata uang tersebut. Berdasarkan data Google Finance, saat artikel ini ditulis, 1 GDP setara dengan Rp19.074.

  1. KYD (Dolar Kepulauan Cayman)

KYD atau Dolar Kepulauan Cayman adalah mata uang yang dimiliki oleh negara Britania Raya. Negara tersebut memang dikenal sebagai negara yang sangat menarik bagi para investor karena memiliki berbagai kelebihan di sektor keuangan khususnya perpajakan. Berdasarkan data Google Finance, saat artikel ini ditulis, 1 KYD setara dengan Rp18.649.

Itulah informasi terkait mata uang tertinggi di dunia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.