Upaya Polri Hilangkan Rasa Takut Anak di Balik Bencana Gempa Bumi Cianjur
Foto: Dok. Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Polri tak hanya fokus dalam proses evakuasi dan penyaluran bantuan terhadap masyarakat terdampak gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. Sebab, Korps Bhayangkara juga memberikan pelayanan trauma healing khususnya kepada anak-anak.

"Kegiatan trauma healing ini diselenggarakan atas kerjasama Biro Psikologi SSDM Polri, Korbrimob Polri, Bagian Psikologi Biro SDM Polda Jabar, Bhabinkamtibmas Polres Cianjur dan Unicef," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Sabtu, 26 November.

Adapun, pelayanan trauma healing diberikan di beberapa titik pengungsian, salah satunya di Lapangan Sepak Bola Binaraga, Kampung Panyaweuyan RT.02 RW.01 Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur

Berdasarkan data, ada 40 anak dan 33 ibu yang menjalani program menghilangkan trauma atau tekanan tersebut.

Dalam prosesnya, lanjut Dedi, petugas menggunakan metode bermain, bernyanyi, dan memberikan makan ringan kepada anak, relaksasi, mindful activity, konseling individu dan konseling kelompok untuk para ibu-ibu. Sehingga, mereka bisa melupakan sejenak apa yang telah menimpanya.

"Para anak-anak dan ibu-ibu terlihat bahagia dan hal ini untuk mengobati trauma para pengungsi pasca gempa," kata Dedi.

Sebagai informasi, gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur pada 21 November 2022 menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat 25 November telah menyebabkan 310 orang meninggal dunia.

Bencana tersebut juga mengakibatkan kerusakan banyak rumah penduduk serta menyebabkan banyak orang terluka dan mengungsi.